Selasa 28 Jun 2016 09:37 WIB

Melihat Ponsel di Tempat Tidur Sebabkan Dua Wanita Buta

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Hindari kebiasaan mengecek ponsel di tempat tidur.
Foto: pixabay
Hindari kebiasaan mengecek ponsel di tempat tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengecek ponsel sebelum tidur dalam ruangan yang gelap ternyata cukup berbahaya. Dua orang wanita di Inggris mengalami kebutaan karena memiliki kebiasaan mengecek ponsel pintar mereka dalam kondisi lampu kamar dimatikan sebelum tidur.

Kebutaan yang dialami oleh kedua wanita tersebut merupakan kebutaan sementara yang dikenal dengan istilah tansient smartphone blindness. Kebutaan sementara ini terjadi berulang kali dan berlangsung selama kurang lebih 15 menit dalam beberapa bulan terakhir.

Dr Gordon Plant dari Moorfield's Eye Hospital di London yang menangani kedua wanita tersebut meminta keduanya menjalani pemindaian MRI dan tes jantung untuk menganalisa kebutaan sementara tersebut. Dr Plant pun menanyakan apa yang sedang dilakukan kedua wanita tersebut ketika kebutaan sementara yang berulang tersebut terjadi.

Kepada Dr Plant, kedua wanita berusia 22 tahun dan 40 tahun tersebut mengatakan bahwa mereka terbiasa mengecek ponsel pintar sambil berbaring menyamping. Posisi tidur menyamping itu membuat kedua wanita tersebut hanya bisa mengecek ponsel pintar mereka dengan satu mata di dalam kamar yang gelap, sedangkan mata yang lain tertutupi bantal.

"Jadi satu mata Anda beradaptasi dengan cahaya karena melihat layar ponsel dan mata lainnya beradaptasi dengan gelap," ungkap Dr. Plant seperti dilansir Independent.

Kondisi tersebut, lanjut Dr Plant, yang menyebabkan kedua wanita mengalami buta sementara. Mata yang digunakan untuk melihat ponsel tidak bisa langsung 'berfungsi' ketika kedua wanita mematikan ponsel pintar mereka. Mata yang digunakan untuk melihat ponsel tersebut membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dalam gelap.

"Membutuhkan waktu beberapa menit (bagi mata yang digunakan untuk melihat ponsel) untuk menyesuaikan diri dengan mata sebelahnya yang sudah lebih dulu beradaptasi dalam gelap," jelas Dr Plant.

Dr Plant mengatakan kondisi kebutaan sementara ini tidak membahayakan mata. Selain itu, kebutaan sementara akibat melihat ponsel dalam gelap dengan sebelah mata ini dapat dihindari dengan mudah. Dr Plant mengatakan cara menghindari kebutaan akibat mengecek ponsel dalam gelap ialah dengan menggunakan kedua mata untuk melihat layar ponsel.

 

(baca: Jaga Kesehatan Mata dengan 8 Olahraga Mata Ini)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement