Ahad 19 Jun 2016 07:20 WIB

Jaga Kesehatan Mata dengan 8 Olahraga Mata Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Mata sehat
Foto: pixabay
Mata sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Tak hanya tangan, kaki dan otot perut saja yang perlu dilatih dengan olahraga. Agar tetap dalam kondisi prima, mata juga perlu berolahraga.

Beberapa olahraga mata dapat memperbaiki penglihatan dan beberapa lainnya dapat mengatasi mata yang lelah atau tegang hingga pandangan buram. Berikut ini ialah delapan olahraga mata sederhana yang bisa Anda aplikasikan untuk kenyamanan mata Anda seperti dilansir Life Hack.

Jaga Kesehatan dengan Menutup Mata

Olahraga dengan menutup mata ini membutuhkan bantuan dari jari-jari Anda. Yang perlu Anda lakukan ialah menutup kedua mata Anda dan menempatkan masing-masing satu jari di kedua kelopak mata Anda. Beri tekanan yang sangat ringan pada mata dengan kedua jari Anda selama 2 detik. Ulangi gerakan ini selama 5-10 kali.

Manfaat dari olahraga menutup mata ini akan terasa ketika Anda membuka mata. Pasalnya, gerakan membantu mata Anda untuk menyesuaikan kembali pandangan mata dengan paparan cahaya.

Meningkatkan Kesehatan dengan Memutar Bola Mata

Biasanya memutar bola mata dilakukan ketika Anda merasa kesal. Akan tetapi, jika dilakukan dengan benar memutar bola juga dapat meningkatkan daya penglihatan mata. Untuk memutar bola mata dengan benar, Anda dapat memulainya dengan gerakan bola mata melingkar ke arah kiri. Ulangi gerakan ini selama 5-10 kali. Setelahnya ubah arag gerakan memutar menjadi ke kanan. Lakukan gerakan ini kembali secara perlahan selama 5-10 kali.

Melihat ke Samping

Sering kali ketika Anda melirik ke kanan atau ke kiri, kepala Anda justru lebih banyak menengok. Situasi tersebut membuat mata Anda tidak banyak bekerja untuk melirik ke kiri dan ke kanan. Oleh karena itu, dibutuhkan olahraga yang dapat menstimulasi agar gerakan bola mata saat melirik dapat berfungsi dengan benar.

Saat melakukan olahraga ini, Anda dapat duduk atau pun berdiri. Kemudian lirik ke arah kanan sejauh mungkin tanpa menggerakkan kepala, namun jangan sampai terlalu memaksakan mata. Tahan pandangan selama 5-10 detik. Kemudian lirik ke arah kiri sejauh mungkin tanpa memaksakan mata dan tahan pandangan selama 5-10 detik juga. Lalu, pandang lurus ke depan selama 1-2 detik. Ulangi gerakan-gerakan tersebut sampai 10 kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement