Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Di Sebelah Mana Sebaiknya Makanan Disimpan di Kulkas?

Jumat 03 Jun 2016 09:51 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Menyimpan makanan dengan benar di kulkas sangat penting. Anda bisa terhindar dari keracunan makanan dengan penyimpanan yang benar.

Menyimpan makanan dengan benar di kulkas sangat penting. Anda bisa terhindar dari keracunan makanan dengan penyimpanan yang benar.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Susu, daging mentah dan ikan merupakan makanan dan minuman yang paling sensitif terhadap sekecil apa pun perubahan suhu. Oleh karena itu, susu, daging mentah dan ikan harus disimpan pada tempat yang memiliki suhu sesuai untuk menghindari tumbuhnya bakteri. Salah satu opsi terbaik yang dimiliki setiap orang ialah menyimpan ketiga produk sensitif ini di dalam kulkas.

Sayangnya, tidak semua memahami bahwa tiap area di dalam kulkas memiliki suhu yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penyimpanan susu, daging mentah, ikan dan produk sensitif lainnya harus diletakkan pada area kulkas yang tepat.

Seperti dilansir Independent, Chef Daniel Norton mengungkapkan semakin tinggi posisi rak pada pintu kulkas, semakin hangat pula suhu yang meliputi area tersebut. Oleh karena itu, Chef Norton menyarankan produk makanan dan minuman yang sensitif sebaiknya disimpan di bagian belakang atau bawah kulkas.

Ahli makanan juga mengungkapkan bahwa tiap produk makanan dan minuman memiliki batas masa penyimpanan yang berbeda di dalam kulkas. Sebagai contoh, susu dapat disimpan di dalam kulkas lebih dari satu minggu setelah tanggal penjualan yang tertera dalam kemasan.

Masa penyimpanan yang lebih cepat dimiliki oleh potongan daging unggas mentah. Daging unggas mentah yang disimpan dalam kulkas memiliki masa ideal satu hingga dua hari setelah tanggal produk dijual.

(baca: 5 Makanan 'Unik' Penyehat Gigi)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA