Selasa 31 May 2016 19:07 WIB

Mulailah Mengurangi Penggunaan Toilet Umum, Ini Alasannya

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Toilet Umum (ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Toilet Umum (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tak sedikit orang menggunakan toilet umum ketika mereka merasa ingin buang air kecil atau besar. Konon sudah banyak fakta yang mengatakan bahwa toilet umum berbahaya karena kuman yang tumbuh dan berkembang pesat.

Ada banyak biang penyakit yang ditemukan di toilet umum. Seperti Hepatitis A, E Coli Bakteri Shigella dan Streptococcus. Dengan mengikuti langkah-langkah higienis tertentu seperti mencuci tangan setelah menggunakan  toilet, maka sesorang dapat menjauhkan diri dari kuman penyakit tersebut.

    

Dilansir Boldsky, ada beberapa alasan mengapa disarankan tidak harus menggunakan toilet umum.

Toilet umum tempat yang dipenuhi oleh berbagai jenis kuman.

Meskipun tampaknya tempat duduk toilet dan kamar mandi bersih, ada kemungkinan mikroba hidup selama berjam-jam bahkan setelah Anda meninggalkan ruangan tersebut. Tidak ada yang menyangkal jika toilet umum memiliki dampak negatif pada kesehatan manusia. Itulah mengapa kita harus menghindari terlalu sering menggunakan toilet umum.   

Tempat kuman berkembang biak

Kuman penyebab infeksi kulit dapat berkembangbiak di kursi, wastafel atau tempat kontak langsung dengan tangan. Seperti gagang pintu, kran, tombol penyiram atau pengering tangan. Kuman ini dapat bertahan di udara selama sekitar dua jam.

Beberapa bakteri yang ditemukan di kursi toilet yaitu corneform  (penyebab diphtheria dan hepatitis), streptococcaceae (penyebab sakit tenggorokan dan radang paru-paru), pseudomondaceae (penyebab infeksi kandung kemih) dan enteribacteriaceae (penyebab infeksi ginjal dan shigellosis). Beberapa tempat di kamar mandi yang langsung kontak dengan tangan dianggap lebih kotor dari kursi toilet.

Infeksi jamur

Ada kemungkinan terdapat infeksi jamur, terutama di toilet yang digunakan oleh wanita. Ini adalah salah satu alasan untuk mengurangi penggunaan toilet umum ketika sedang di luar. Apalagi untuk orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Berkembangbiaknya bakteri E Coli

Bakteri E Coli yang berkembang di toilet umum dapat menyerang usus manusia. Bakteri ini dapat membuat orang menderita kram perut yang parah, diare bahkan muntah.

    

Nyeri Vaginitis

Ini adalah nyeri yang memiliki gejala kemerahan dan nyeri pada alat reproduksi wanita. Seseorang merasakan sakit itu karena infeksi dari toilet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement