Selasa 31 May 2016 06:04 WIB

Sering Lewatkan Sarapan? 8 Hal Ini Akan Terjadi Pada Anda

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Tambahkan buah dalam seporsi sarapan agar gizinya sempurna.
Foto: wikipedia
Tambahkan buah dalam seporsi sarapan agar gizinya sempurna.

REPUBLIKA.CO.ID, Sarapan merupakan waktu makan terpenting yang sepatutnya tidak dilewatkan. Sayangnya, kesibukan dan berbagai hal lainnya membuat sarapan kerap terlewatkan.

Jika Anda termasuk salah satu yang sering melewatkan sarapan, mungkin Anda harus berpikir ulang. Pasalnya, melewatkan sarapan dapat menyebabkan banyak hal kurang baik bagi tubuh. Berikut ini ialah delapan hal yang akan terjadi pada tubuh ketika Anda tidak sarapan secara rutin seperti dilansir dari Home.

Metabolisme Menurun

Salah satu hal terpenting agar kesehatan tubuh terjaga ialah kemampuan tubuh yang baik untuk mencerna makanan. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan asupan makanan yang tepat, hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penurunan berbagai aspek dalam tubuh, termasuk metabolisme.

Padahal, metabolisme memegang peranan penting untuk membakar kalori sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Jika penurunan metabolisme ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka kondisi ini akan mengarah pada peningkatan berat badan karena tubuh cenderung menyimpan kalori, bukan membakarnya.

Kebersihan Mulut Terancam

Melewatkan makan bukan berarti Anda melindungi kebersihan mulut dari makanan. Sebaliknya, melewatkan makan pagi atau sarapan justru dapat memberikan dampak buruk bagi kebersihan mulut.

Dokter gigi Luke Thorley mengatakan sarapan memiliki peran penting dalam menstimulasi kelenjar ludah. Ludah, lanjut Thorley, berperan penting dalam menjaga kebersihan mulut karena ludah berfungsi untuk membersihkan berbagai bakteri yang terdapat pada lidah dan juga gigi.

Jika produksi ludah ini berkurang, Thorley mengatakan bakteri akan tetap berada dalam mulut sehingga berisiko menimbulkan penyakit gigi. Beberapa penyakit gigi yang mungkin timbul akibat kurangnya produksi ludah ialah karies gigi serta penyakit gusi.

Melewatkan sarapan juga memiliki dampak besar terhadap nafas Anda. Penelitian terbaru yang dipublikasikan pada International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa melewatkan sarapan membuat seseorang memiliki risiko mengidap halitosis atau napas berbau hingga dua kali lipat.

Mudah Marah

Melewatkan sarapan tidak hanya akan membuat Anda merasa lesu, tetapi juga mudah marah. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya kadar gula dalam darah. Sebaliknya, jika Anda menyempatkan diri untuk sarapan, maka kebutuhan glikogen tubuh akan terpenuhi dan kadar insulin akan seimbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement