Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Komunitas Pelestari KA Cuci Lokomotif di Jatinegara

Senin 30 May 2016 09:30 WIB

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari

Komunitas Indonesia Railway Preservation Society melakukan pencucian lokomotif di Dipo Jatinegara, Ahad (29/5).

Komunitas Indonesia Railway Preservation Society melakukan pencucian lokomotif di Dipo Jatinegara, Ahad (29/5).

Foto:

Kereta yang sudah lama rusak ini dilakuan perbaikan mesin dan pengecetan ulang kembali sehingga bisa ‘bernyawa’, meskipun tidak beroperasi sebagai angkutan masal lagi. Selain itu agenda rutin yang setiap tahun dilakukan adalah pencucian lokomotif. Pada tahun ini pencucian lokomotif bertempat di Dipo Lokomotif Jatinegara yang melibatkan anggota IRPS Jakarta dan komunitas pecinta kereta api lainnya yang ikut berpartisipasi.

Selama 14 tahun berdiri, kini IRPS sudah memiliki anggota lebih dari 200 orang yang tersebar dari beberaa wilayah di pulau jawa seperti korwil Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Jember, Malang, Sumatera Barat dan Riau.

“Di sini kita selain belajar soal kereta api, kita juga belajar tentang ilmu fotografi. Gimana caranya hunting foto yang asik dan enak gimana, pengetahuan tentang kereta api, kaya PJL apa sih 935 apa sih. Apapun soal kereta api juga kita sharing dan pelajari disini. Nah hal-hal kaya gini masuknya di divisi edukasi,” Kata Bayu Lindarto Kordinator Wilayah Jakarta IRPS saat ditemui dalam acara pencucian lokomotif di Dipo Lokomotif Jatinegara, Ahad (29/5).

IRPS sebagai mitra PT KAI dalam bidang pelestarian berperan mengembangkan peran postif citra kereta api, bukan pada perusahaannya tapi pada kereta apinya sendiri. Hal ini tentu membuka kesempatan kerja sama PT KAI terhadap para komunitas yang menaruh rasa cinta pada kereta api.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA