Kamis 26 May 2016 23:00 WIB

Kemenkes Ajak Lansia Terapkan Pola Hidup Sehat

Lansia (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak para lanjut usia (lansia) untuk menerapkan pola hidup sehat agar tetap bugar dan produktif di masa tua.

"Pola hidup sehat merupakan upaya untuk mencapai tingkat kesehatan prima dan tetap aktif pada usia lanjut," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Untung Suseno di Jakarta, Kamis (26/5).

Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, menunjukan bahwa pola penyakit pada lansia yang terbanyak adalah hipertensi 57,6 persen, artritis 51,9 persen dan stroke 46,1 persen diikuti masalah kesehatan gigi dan mulut 19,2 persen. "Pola hidup sehat dapat menurunkan resiko penyakit degeneratif seperti hipertensi dan lain sebagainya," katanya.

Untung juga menambahkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah lansia terbesar di dunia. "Ini merupakan dampak dari peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang telah dilakukan selama ini," katanya.

Kemenkes mengajak para lansia untuk menghindari stress, cukup istirahat dan olahraga teratur. Selain itu, makan makanan bergizi, mempertahankan berat badan ideal, hindari merokok dan alkohol.

Selain itu, Kemenkes juga mengajak para lansia untuk mencegah kepikunan dengan meningkatkan peran serta lansia dalam pembuatan kebijakan publik ramah lansia dan mengadakan kegiatan sosial keagamaan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement