Ahad 01 May 2016 14:39 WIB

Sering Nyeri Haid? Yuk Lakukan Yoga Minimal 10 Menit

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Senam Yoga.
Foto: Reuters/Francois Lenoir
Senam Yoga.

REPUBLIKA.CO.ID, Yoga ternyata memiliki manfaat positif saat kaum hawa sedang nyeri haid. Yoga mampu mengurangi nyeri haid juga memperlancar peredaran darah.

Founder dari Komunitas Yoga Gembira, Yudhi Widdyantoro mengatakan yoga bisa dilakukan kapan pun bahkan di saat nyeri haid. Walaupun begitu memang harus diperhatikan apa yang boleh dan apa yang tidak. 

Lalu berapa lama idealnya melakukan yoga saat haid? Yudi mengatakan waktu bisa sesuaikan dengan waktu yang kita punya. Misalnya bisa 10 sampai 15 menit. Yang penting ada unsur-unsur seperti berdiri, duduk dan lainnya. 

Menurut dia, Yoga idealnya dilakukan setiap hari. Tidak ada jeda. Dengan rutin melakukan yoga bisa membangun kebiasaan  atau melatih kebiasaan otot bekerja. Sehingga fungsi di badan bekerja. 

"Kalau waktu terbatas 10 menit sebelum bekerja. Ambil saja waktu yang kita bisa. Tapi itu mengingat ada gerakan yang bisa ada yang tidak tergantung mood," ujarnya dalam acara Yoga in the Air with Kiranti, Plaza Semanggi, di Jakarta, Sabtu (30/4).

Sayangnya saat haid orang biasanya malas bergerak. Nah inilah tantangan dalam yoga. Karena itu rasa malas harus dilawan dan hal itu kembali lagi pada individunya.

"Yoga bukan olahraga kompetitif tapi untuk perkembangan pribadi bukan hanya fisik tapi juga mental atau psikis," tambahnya.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement