Kamis 28 Apr 2016 08:57 WIB

5 Tips Jaga Kesehatan Penglihatan

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Vitamin A dalam buah tomat dan mineral biotin di dalam tomat juga baik untuk kesehatan mata.?
Foto: pixabay
Vitamin A dalam buah tomat dan mineral biotin di dalam tomat juga baik untuk kesehatan mata.?

REPUBLIKA.CO.ID, Penglihatan adalah karunia terbesar dan merupakan salah satu indera yang paling penting. Namun, kondisinya bisa semakin berkurang seiring pertambahan usia seseorang.

Untuk menjaganya mulai dari sekarang, Anda bisa melakukan berbagai pencegahan dan perlindungan sederhana. Berikut lima tips yang bisa Anda coba untuk menghindarkan mata dari berbagai risiko serta masalah kesehatan.

Makan seperti kelinci

Apa yang kita sebut 'makanan kelinci' seperti wortel dan sayur berdaun hijau sangat baik untuk mata. Asupan itu kaya vitamin A, juga lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan sehingga dapat membantu mencegah degenerasi makula dan sejumlah kanker.

Setop merokok

Merokok membuat Anda empat kali lebih mungkin untuk mengembangkan degenerasi makula (rusaknya sel pada makula retina) dan berisiko tiga kali lebih besar mengidap katarak. Merokok juga menyebabkan tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko diabetes dan glaukoma, bahkan kebutaan.

Pakai kacamata hitam

Kacamata pelindung surya alias kacamata hitam bukan hanya membuat Anda keren, tetapi juga melindungi mata. Sebab, mengenakannya bisa menyaring 99 sampai 100 persen sinar UV-A dan UV-B dari matahari.

Lakukan tes mata secara teratur

Pemeriksaan mata memang bukan sesi menyenangkan, di mana kita harus melebarkan mata dan menjaganya terbuka saat dokter memeriksanya dengan alat-alat. Namun, melakukan tes mata secara teratur sangat penting untuk mengetahui adanya penyakit dan gangguan penglihatan sejak dini.

Pakai kacamata pelindung

Jika Anda menggunakan peralatan listrik, melakukan olahraga berat, atau menggunakan senjata api, kacamata keselamatan adalah suatu keharusan. Ada berbagai bentuk dan ukuran kacamata jenis ini, dari model standar sampai yang dirancang untuk bergaya, dilansir dari Lifehack.

(baca: Gaya Hidup Sehat Jadi Obat Tangkal Kanker Kolon)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement