Ahad 24 Apr 2016 22:50 WIB

Ini Salah Satu Cara Efektif buat Kulit Wajah Jadi Sehat

Red: M Akbar
chemical peeling - ilustrasi
Foto: www.charmedmedispa.com
chemical peeling - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda menginginkan kulit wajah yang sehat? Jika itu yang diharapkan maka melakukan metode perawatan secara chemical peeling menjadi salah satu cara efektif yang bisa dilakukan.

Dr Abraham Arimuko, ketua Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), menjelaskan chemical peeling ini merupakan metode perawatan wajah dengan cara mengelupaskan lapisan permukaan kulit terluar.

''Ini sebagai solusi pengobatan yang efektif untuk beberapa permasalahan kulit,'' katanya di Jakarta, Ahad (24/4).

 

Abraham menjelaskan prosedur untuk melakoni chemical peeling ini memiliki beberapa tahapan. Dimulai dari edukasi kepada pasien, persiapan, tindakan (pengaplikasian teknik) hingga perawatan selepas chemical peeling.

''Dokter maupun pasien harus mengetahui dan mengerti dengan jelas setiap tahapan prosedur tersebut agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dan maksimal. Terlebih lagi bagi para dokter, mereka harus memastikan keamanan prosedur yang diaplikasikan kepada pasiennya,'' katanya.

Chemical peeling ini, kata Abraham, bisa diaplikasikan untuk berbagai kondisi kulit seperti kulit dengan keluhan penuaan dini, pigmentasi, jerawat, melasma maupun kulit sensitif.

Sedangkan salah satu prosedur kombinasi peeling yang diaplikasikan adalah mikrodermabrasi. Ia menjelaskan mikrodermabrasi ini merupakan tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) yang menggunakan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru.

''Untuk mengatasi permasalahan kulit melalui metode chemical peeling dan menghasilkan permukaan kulit yang lebih baik serta peremajaan kolagen sangat bergantung kepada indikasi serta pemilihan bahan dan konsentrasi yang dilakukan oleh dokter yang bersangkutan,'' jelasnya.

Sementara itu Frida Chalid dari PT Darya-Varia Laboratoria mengatakan pihaknya secara khusus mengadakan lokakarya bertajuk ''The Safety Guidelines for Chemical Peeling'' ini untuk lebih menumbuhkan pemahaman dan kesadaran bersama.

''Kegiatan semacam ini dapat menambah wawasan dan keahlian praktisi kesehatan agar dapat melayani pasien dengan lebih baik lagi,'' ujarnya.

Lebih lanjut, Frida mengatakan kulit merupakan salah satu bagian terpenting dari penampilan seseorang sekaligus juga menjadi indikator dari kesehatan tubuhnya. Untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, kata dia, chemical peeling ini dapat menjadi salah satu metode yang digunakan sebagai pengobatan yang efektif.

''Tentunya tindakan chemical peeling memerlukan serangkaian prosedur dan bekal keterampilan agar pasien mendapatkan kulit sehat yang didambakan,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement