Selasa 19 Apr 2016 07:14 WIB

Segudang Manfaat Konsumsi Bawang

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Bawang
Foto: Megabored
Bawang

REPUBLIKA.CO.ID, Bawang merupakan jenis sayuran yang sering kali digunakan sebagai pelengkap bumbu masak. Terlebih lagi masakan Indonesia tidak bisa lepas dari keberadaan bawang sebagai penyempurna hidangan.

Di balik rasa gurih yang dihasilkan bawang, ternyata ada segudang manfaat yang dapat diberikan oleh sayuran kecil ini. Berikut beberapa manfaat bawang yang bisa didapatkan ketika mengonsumsinya, dikutip dari Megabored, Selasa (19/4).

Melindungi dari stres oksidatif

Bawang merupakan sayuran dengan sumber paling kaya yang mengandung quercitin flavonoid. Quercetin merupakan antioksidan kuat yang mengencerkan darah, meningkatkan kolesterol baik dalam sistem, dan mengurangi pembekuan darah. Studi menunjukkan bahwa quercetin mengurangi serangan asma, meminimalkan risiko diabetes, aterosklerosis, dan infeksi dari semua jenis.

Quercetin terkenal karena antiinflamasi, antibiotik, antiviral, dan antikankernya. Quercetin dalam bawang justru paling banyak pada kulit, sehingga jangan kupas kulit bawang untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari flavonoid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement