Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Bangun Tidur

Jumat 15 Apr 2016 08:30 WIB

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah

Godaan untuk tidak mematikan alarm pembangun tidur memang besar, tapi demi kebaikan hindari itu.

Godaan untuk tidak mematikan alarm pembangun tidur memang besar, tapi demi kebaikan hindari itu.

Foto: pexels

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda-beda ketika bangun tidur. Tapi ada beberapa rutinitas perlu dihindari agar tidak menimbulkan efek yang kurang baik.

Mungkin sering ketika bangun tidur, Anda langsung mengecek telepon pintar di samping tempat tidur. Atau sengaja bermalas-malasan menunda untuk lekas bangun dari tempat tidur. Mungkin ini terlihat tidak ada salahnya, tapi tunggu dulu. Berikut ini beberapa hal yang terlihat seperti perilaku umum ketika bangun tidur yang justru sebenarnya harus dihindari.


Menekan tombol tunda pada alarm

Terkadang alarm sudah berbunyi sesuai pengaturan yang Anda sepakati. Tapi sering kali sengaja tombol tunda yang ditekan sehingga lima atau 10 menit kemudian alarm berbunyi kembali. Hal ini terlihat tidak masalah, tapi justru bukan ide yang baik.

"Kebanyakan spesialis tidur berpikir bahwa tunda alarm bukan ide yang baik," ujar pakar Tidur Timothy Morgenthaler kepada Business Insider's.

Jika sudah menekan tombol tunda, Anda kembali pada proses siklus tidur. Sehingga ketika bangun justru tidak mengalami kesegaraan. Anda perlu tahu seberapa lama kebutuhan tidur, sehingga ketika malam Anda sudah mengaturnya agar tepat dengan kebutuhan itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA