Jumat 15 Apr 2016 08:00 WIB

Ini Zat Kimia Berbahaya yang Ada pada Sampo

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Wanita sedang memakai sampo
Foto: Megabored
Wanita sedang memakai sampo

REPUBLIKA.CO.ID, Sampo berguna untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut. Sayangnya, ada beberapa bahan kimia berbahaya yang mungkin bersembunyi di dalam sampo.

Bahan kimia berbahaya ini dapat menyebabkan tubuh seperti mengganggu sistem endokrin hingga menyebabkan kanker. Oleh karena itu, sebelum membeli sampo pastikan lima bahan kimia berbahaya ini tidak ada di dalamnya, seperti dilansir Megabored.

Sulfat: Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES)

Sulfat merupakan bahan berbusa yang menciptakan busa dalam sampo. Deterjen ini banyak digunakan dalam berbagai produk sampo, sabun hingga odol. Sayangnya, sisa-sisa senyawa ini terakumulasi di dalam organ seperti jantung, otak, hati dan paru-paru. 

Pasalnya menurut American College of Toxicology, tubuh dapat menyerap SLS dan SLES melalui kulit. Pascapenyerapan, senyawa ini akan mulai menumpuk di berbagai organ dalam tubuh. 

Penumpukan atau akumulasi dari senyawa ini kemudian menyebabkan kerusakan pada jaringan organ serta inflamasi atau peradangan. Penelitian pun menunjukkan bahwa SLS dapat merusak DNA. Sedangkan SLES terbukti bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement