Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

10 Cara Cegah Sengatan Panas

Sabtu 09 Apr 2016 19:21 WIB

Rep: c21/ Red: Ani Nursalikah

Cuaca panas (ilustrasi)

Cuaca panas (ilustrasi)

Foto: greatdaymoving.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sinar matahari yang berlebihan mengenai tubuh dapat berbahaya jika tindakan pencegahan tertentu tidak diambil. Heat stroke (sengatan panas) dapat berakibat fatal jika pengobatan tidak dilakukan.

Salah satu cara mencegahnya adalah menghindari berpergian antara pukul 13.00-15.00 WIB karena sinar matahari cukup berbahaya pada periode ini. Sengatan matahari dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kulit pucat, suhu tubuh tinggi, kelelahan, mual, kram, dan lain-lain.

Untuk mencegahnya Anda dapat melakukan 10 hal berikut, dilansir dari Boldsky.

1. Minum air dalam jumlah cukup sepanjang hari agar tidak mengalami dehidrasi.Selalu bawa botol air saat sedang keluar rumah.

2. Menjauhi air dingin karena dapat menyebabkan kram perut. Jadi seberapa pun godaan untuk minum minuman dingin, sebaiknya Anda menjauhinya.

3. Hindari minuman beralkohol dan kafein selama musim panas. Untuk penggantinya sebaiknya meminum jus atau cairan mengandung gula.

4. Makan salad dengan sayuran segar yang hijau adalah pilihan terbaik selama musim panas. Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti mentimun dan semangka. Hal tersebut adalah suatu keharusan untuk dinikmati pada musim panas.

5. Mencoba menikmati bawang adalah praktik tradisional yang direkomendasikan. Jadi makan bawang mentah atau membuatnya menjadi jus dapat berfungsi menjadi obat rumah yang sangat baik. Mengonsumsinya dapat mencegah Anda kelelahan akibat panas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA