Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Berhenti Makan

Selasa 05 Apr 2016 09:00 WIB

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah

Seorang wanita sedang makan

Seorang wanita sedang makan

Foto: Womanhealth

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada makhluk yang dapat bertahan hidup tanpa makan, baik itu tanaman atau kucing Anda. Jadi, apa yang terjadi pada tubuh jika seseorang berhenti makan?

Manusia disebutkan bisa bertahan tanpa makan antara tiga minggu sampai maksimal 70 hari. Tetapi dampaknya sangat buruk, karena tubuh menggunakan semua glukosa, lemak, dan otot untuk energi.

Saat enam jam pertama tanpa makan, tubuh masih berfungsi secara normal karena masih ada cukup glikogen untuk diubah menjadi glukosa. Namun, antara enam dan 72 jam selanjutnya, fungsi otak menjadi terganggu.

Dengan berjalannya waktu, kepadatan tulang juga terdampak, begitu juga libido seseorang. Perempuan, misalnya, akan berhenti menstruasi karena tubuh berusaha menghemat energi.

Secara bertahap, otot-otot dan jantung akan melemah. Ini sebabnya banyak kasus di mana para pengidap anoreksia (penyakit di mana seseorang membiarkan dirinya sendiri kelaparan) tewas karena serangan jantung.

Semua itu dijelaskan dalam video yang diunggah saluran Asap Science ke YouTube. Mereka hendak meningkatkan kesadaran tentang kelaparan di seluruh dunia yang masih terjadi karena kemiskinan.

Sebuah laporan PBB baru-baru ini menemukan bahwa satu dari sembilan orang tidak memiliki cukup makanan untuk menjalani hidup sehat. Penelitian oleh Imperial College London untuk Program Pangan Dunia PBB itu menyebutkan, berat badan yang terlalu rendah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius di daerah termiskin di dunia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA