Rabu 30 Mar 2016 09:41 WIB

Fakta di Balik Kolesterol

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Penyakit kolesterol
Foto: ist
Penyakit kolesterol

REPUBLIKA.CO.ID, Kolesterol merupakan salah satu komponen tubuh yang masih sering disalahartikan oleh banyak orang. Sering  kali saat mendengar nama zat ini orang-orang langsung mencap buruk saja, tanpa tahu apa sebenarnya.

Ketika Anda memiliki kolesterol tinggi, apa pernah mencari tahu apa itu kolesterol sebenarnya? Kolesterol itu merupakan merupakan proses sehari-hari dari tubuh manusia sebenarnya, sehingga wajar setiap orang punya kolesterol.

Kolesterol ini mengacu pada zat lilin yang dapat dibentuk tubuh, ya tubuh kita memang dirancang menghasilkan itu. Meski dengan diet kolesterol, komponen ini tidak bisa dihilangkan begitu saja seperti lemak. Sebab kolesterol tidak bisa dibakar, mereka cenderung tetap berada dalam tubuh.

Ketika dokter mengatakan kolesterol Anda tinggi, mungkin yang dimaksudkan adalah jenis low-density lipoprotein (LDL). Apa itu? Jadi kolesterol itu dibagi menjadi dua jenis, LDL dan high-density lipoprotein (HDL). Jenis LDL ini yang akan merugikan tubuh Anda.

Dikutip dari Lifehack, Rabu (30/3), lipoprotein itu dapat didefinisikan sebagai lemak yang melekat pada protein. Sehingga kolesterol LDL merupakan jenis kolesterol yang terkait dengan penyakit jantung dan sering dikaitkan dengan terlalu banyak asupan makanan penuh kolesterol.

Jika LDL kolesterol jahat, maka HDL kebalikannya, dia begitu baik dan diperlukan tubuh. Kolesterol HDL adalah jenis kolesterol yang benar-benar dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh dan dapat digunakan untuk memproduksi hormon seks dalam tubuh.

Secara normal tubuh sudah dirancang untuk menghasilkan tingkat jenis kolesterol masing-masing untuk menjalankan fungsinya. Jadi ketimbang repot memilih makanan dengan kadar kolesterol, lebih baik mengkonsumsi makan yang memang tidak hanya berefek pada kolesterol tapi tubuh secara keseluruhan.

(baca: Kenali 7 Gejala Penyakit Ini Melalui Sakit Perut)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement