Senin 28 Mar 2016 14:22 WIB

Wanita Hamil Suka Minum Kopi? Hati-Hati Keguguran

Rep: MGROL60 / Red: Andi Nur Aminah
Perempuan meminum secangkir kopi.
Foto: pixabay
Perempuan meminum secangkir kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa wanita dapat dengan mudah akan mengalami keguguran jika meminum lebih dari dua cangkir kopi per hari di minggu-minggu awal kehamilan. Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi multivitamin dapat mengurangi risiko keguguran jika dikonsumsi sebelum konsepsi.

Peneliti dari Universitas Ohio dan National Institutes of Health mengatakan penelitian ini tidak membuktikan bahwa konsumsi kafein sebelum kehamilan meningkatkan risiko keguguran. Menurut NIH, memperbanyak konsumsi minuman berbahan kafein dapat meningkatkan peluang langsung berkontribusi terhadap risiko keguguran.

"Temuan kami juga menunjukkan bahwa pasangan pria juga berisiko. Pria yang minum minuman berkafein sebelum mengandung seorang anak akan berkontribusi pada risiko pasangan mereka keguguran," ungkap Germaine Buck Louis, Direktur Divisi Penelitian Populasi Kesehatan Intramural.

Hasil temuan menunjukkan dari studi intensif yang diuji ke 344 pasangan di Texas dan Michigan. Menurut Fertility dan Sterility, pasangan setiap hari meminum minuman berkafein yang dikonsumsi, makan ikan, minum alkohol, lalu ditimbang secara teratur, kemudian memberikan sempel darah dan perempuan mengambil tes kehamilan secara teratur.

Lois mengatakan bahwa temuan mereka akan memberikan informasi yang berguna bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan dan tidak ingin keguguran. Dari 344 orang yang diuji, 28 persennya mengalami keguguran. Wanita yang berumur 35 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran dibandingkan dengan wanita yang lebih muda. 

Minum tiga atau lebih minuman yang mengandung kafein dalam sehari dapat meningkatkan risiko sebesar 74 persen. Minuman berkafein yang digunakan untuk penelitian ini adalah kopi, teh, soda, minuman energi dan sebagainya.

Namun Zev Williams dari Albert Einstein College of Medicine mengatakan bahwa tidak apa-apa mengonsumsi kafein dalam dosis sedikit. Satu atau dua cangkir kafein tidak berbahaya bagi pasangan. "Saya telah melihat banyak wanita yang mencoba untuk berhenti minum minuman berkafein dan akhirnya mengonsumsi obat-obatan yang berbahaya. Saya menyarankan untuk para wanita hamil dapat meminum satu atau dua cangkir kopi dalam sehari ketimbang mengkonsumsi obat- obatan," kata Williams dilansir Yibada.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement