Ahad 27 Mar 2016 18:11 WIB

6 Manfaat Menakjubkan Membaca Sebelum Tidur

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Membaca sebelum tidur
Foto: pixabay
Membaca sebelum tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Indeks minat baca di Indonesia masih tergolong rendah. Data UNESCO pada 2012 lalu, misalnya, menunjukkan indeks minat baca warga Indonesia hanya mencapai angka 0,001. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari 1.000 warga Indonesia, hanya satu warga yang memiliki minat baca.

Padahal, ada banyak manfaat lain yang datang dari kegemaran membaca selain menambah wawasan. Jika Anda belum memiliki minat membaca, enam manfaat menakjubkan dari membaca sebelum tidur ini mungkin akan membuat Anda mulai menggemari membaca.

Tidur nyenyak

Membaca dapat membantu seseorang untuk sedikit demi sedikit keluar dari kesadarannya sehingga mendorong seseorang untuk tertidur. Karena dapat membantu seseorang tidur dengan baik, tak heran banyak anak-anak yang sangat antusias untuk membaca cerita-cerita sebelum tidur. 'Masuk' ke dalam dunia fiksi melalui buku dapat membuat seseorang mengendurkan ketegangan yang ia rasakan sehingga ia dapat bersantai lebih baik. Karena itu, orang yang membaca sebelum tidur akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan istirahat yang maksimal.

Stress berkurang

Peneliti-peneliti dari University of Surrey di Inggris menemukan keterkaitan antara membaca sebelum tidur dan kadar stress. Dalam penelitian, mereka menemukan bahwa kebiasaan membaca sebelum tidur dapat menurunkan kadar stress hingga 68 persen. Oleh karena itu, jika Anda sedang stress, membaca sebelum tidur dapat menjadi alternatif untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih santai dan tidak stress.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement