Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Arus Balik Liburan, Cirebon Siapkan Tambahan 4 KA

Ahad 27 Mar 2016 14:29 WIB

Rep: Lilis H/ Red: Indira Rezkisari

Stasiun Cirebon.

Stasiun Cirebon.

Foto: Republika/Maman Sudiaman.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki hari terakhir libur panjang akhir pekan yang bersamaan dengan peringatan hari Paskah, ribuan warga yang semula mudik mulai kembali ke Jakarta. Seperti terlihat di Stasiun Cirebon Kejaksan, Kota Cirebon.

''Hari ini puncak arus balik (libur Paskah) menuju Jakarta,'' ujar Kepala Stasiun Cirebon Kejaksan, Teguh Budiono kepada Republika.co.id, Ahad (27/3).

Teguh menyebutkan, pada Ahad (27/3), jumlah penumpang kereta api (KA) dari Stasiun Cirebon Kejaksan menuju Jakarta mencapai sekitar 4.500 orang. Padahal, dalam kondisi normal, jumlah penumpang tersebut hanya sekitar 2.500 orang per hari.

Mengatasi lonjakan jumlah penumpang itu, Teguh menyatakan, Daop 3 Cirebon telah mengoperasikan empat rangkaian KA tambahan. Yakni dua rangkaian KA Argojati masing-masing pukul 12.30 WIB dan 20.55 WIB, dan dua rangkaian KA Cirebon Ekspres pukul 16.35 WIB dan 19.20 WIB.

Dalam kondisi normal, KA dari Cirebon menuju Jakarta hanya ada tujuh rangkaian. Dengan penambahan itu, maka ada 11 rangkaian KA yang beroperasi khusus pada Ahad (27/3).

Selain itu, pihak Daop 3 Cirebon juga menambah satu gerbong untuk sejumlah KA. Seperti KA Cirebon Ekspres yang biasanya terdiri dari tujuh gerbong, ditambah menjadi delapan gerbong.

''Tiket untuk KA reguler maupun tambahan pada hari ini seluruhnya telah habis,'' terang Teguh.

Salah seorang calon penumpang KA, Lia, mengaku lebih memilih mudik dan balik menggunakan KA. Pasalnya, KA bebas dari kemacetan.

''Saya pesan tiketnya sudah lama, jadi tidak kehabisan,'' ujar Lia.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA