Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Yuk, Kenali Apa itu Meningitis

Senin 22 Feb 2016 10:16 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah

Ruam di tubuh penderita meningitis

Ruam di tubuh penderita meningitis

Foto: Independent

REPUBLIKA.CO.ID, 

Beberapa waktu lalu, sebuah keluarga berbagi foto anaknya berusia dua tahun yang sekujur tubuhnya penuh dengan ruam meningitis. Foto itu mendorong lebih dari 310 ribu orang menandatangani petisi untuk menyerukan semua anak harus divaksinasi terhadap penyakit tersebut.

Sang anak dalam foto, Faye Burdette, meninggal karena meningitis B pada pertengahan Februari lalu setelah ada ruam di dahinya. Dalam foto itu, Faye tampak  tak sadarkan diri di rumah sakit. "Ini adalah foto Faye, berusia dua tahun, yang telah meninggal dunia karena penyakit mengerikan ini," kata keluarganya, dilansir dari Independent. 

Agar lebih bisa mengenali penyakit ini, berikut beberapa hal yang patut Anda tahu seputar penyakit meningitis. 

Apa itu meningitis?

Meningitis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang yang meradang. Penyakit ini paling umum disebabkan oleh virus atau bakteri.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menimbulkan keracunan darah dan kerusakan parah pada otak, bahkan bisa menyebabkan amputasi dan kematian. Sementara meningitis yang disebabkan virus bisa menyebabkan septikemia dan efek samping yang dapat mengubah hidup seseorang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA