Jumat 19 Feb 2016 08:02 WIB

Ini Alasan Mengapa Minum Teh Hitam Tiap Hari Baik untuk Kesehatan

Rep: Puti Almas/ Red: Andi Nur Aminah
Teh hitam
Teh hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Teh hitam menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi orang-orang di seluruh dunia. Tak hanya memiliki rasa yang kuat dibanding teh biasa, teh hitam juga mengandung beberapa zat penting untuk tubuh seperti mineral, fluoride, dan polifenol. 

Selain itu, teh hitam juga merupakan sumber antioksidan seperti tanin, guanin, xanthine, purin, catechin, dan ester gallic. Selain itu, teh hitam juga diyakini baik bagi Anda yang tengah melakukan diet. Dilansir Bold Sky, ini alasan mengapa sebaiknya Anda mengkonsumsi teh hitam setiap hari :

 

Baik untuk kesehatan jantung

Mengonsumsi teh hitam membantu mencegah masalah kardiovaskular atau yang berhubungan dengan penyakit jantung. Hal ini karena teh hitam dapat mencegah kolestrol jahat dan membersihkan pembuluh darah. 

 

Mencegah kanker

Antioksidan yang ada dalam teh hitam membantu mencegah pembentukan karsinogen yang berpotensi menjadi penyebab kanker. Di antaranya adalah kanker rahim, paru-paru, dan kandung kemih, serta payudara, prostat, juga perut. 

 

Singkirkan radikal bebas

Zat radikal dalam tubuh bisa menyebabkan gumpalan darah dan kanker. Mengonsumsi teh hitam dengan rutin dapat membantu mengeluarkan zat berbahaya ini dan membantu mencegah sejumlah penyakit berbahaya.

 

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Salah satu kandungan penting dalam minuman ini adalah tanin, yang mampu menyerang virus seperti flu dan radang.

 

Menjaga kesehatan mulut

Antioksidan dalam teh hitam mampu menjaga kesehatan mulut. Antibakteri yang terkandung dalam minuman ini dapat mencegah timbulnya kerusakan gigi. Belum lagi, terdapat fluoride yang juga mampu mencegah bau mulut. 

 

Memberi rangsangan pada otak dan sistem saraf

Teh hitam mampu melancarkan aliran dalam tubuh. Karenanya, orang yang mengonsumsi minuman ini mudah berkonsentrasi. Selain itu, dengan meminum empat cangkir sehari, teh hitam diyakini bisa meredakan stres. 

 

Jaga kesehatan pencernaan

Tannin dalam teh hitam bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Zat ini dapat memerangi berbagai penyakit usus dan lambung. Selain itu, membantu menurunkan peradangan usus.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement