Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Hal-Hal yang Wajib Diketahui Pria Saat Istri Hamil

Kamis 18 Feb 2016 16:46 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Ibu hamil tengah tertidur. Ilustrasi

Ibu hamil tengah tertidur. Ilustrasi

Foto: Health

REPUBLIKA.CO.ID, Saat mengandung, perempuan bisa bersikap tak seperti biasa. Kondisi psikologis Kaum Hawa rentan berubah-ubah, seiring kondisi fisik mereka yang juga menjadi berbeda.

Namun, hal seperti ini terkadang tidak dipahami oleh para pria. Sebagai suami, mereka sering merasa kondisi emosional perempuan yang terkadang terkesan aneh sangat menyebalkan.

Mulai dari meminta makanan yang langka, hingga ingin agar Anda memanjakan mereka atau melakukan sesuatu yang mungkin tak masuk di akal. Namun, itulah perempuan yang tengah hamil.

Sebagai calon ayah, Anda para pria harus belajar banyak hal untuk memahami kondisi istri yang sedang mengandung. Dilansir Bold Sky, ini hal-hal yang perlu Kaum Adam ketahui tentang kehamilan.

Mengidamkan Makanan
Kehamilan mempengaruhi selera makan perempuan. Ketika hamil, mereka tak jarang mengalami perubahan suasana hati dan hormon. Karena itu, keinginan menyantap makanan yang mungkin tak biasa sering terjadi pada mereka.

Anda sebagai suami harus dapat memaklumi hal itu dan sedapat mungkin memenuhi permintaan istri. Namun, jika saat hamil perempuan ingin menyantap makanan secara berlebihan, Anda harus memberi pengertian dengan lembut bahwa hal itu tak baik untuk kesehatan.

Istri Jadi Prioritas Anda
Saat sang istri hamil, Anda harus bersiap untuk mulai memprioritaskan dirinya. Usahakan untuk memberi perhatian ekstra pada mereka dan jangan pernah lupa memenuhi kebutuhan yang pasti diperlukan.

Anda Harus Jadi Suami Siaga
Dalam trisemester pertama, kehamilan terasa cukup sulit bagi perempuan. Mereka akan lebih sering buang air kecil dan mengunjungi kamar mandi. Belum lagi saat tengah malam, keadaan ini juga akan cukup sering berlangsung. Karena itu, Anda para pria harus siap menemani istri yang mengalami hal tersebut.

Setelah istri melahirkan pun, Anda juga harus siap berjaga di malam hari karena bayi yang terbangun kelaparan. Temani istri Anda menghadapi kondisi ini.

Persiapkan tas berisi keperluan bersalin
Para calon ibu yang tengah mempersiapkan kelahiran bayi bisanya bersiap dengan berbagai hal. Mulai dari baju ganti, serta keperluan lainnya yang harus dibawa ke rumah sakit atau bersalin, sebaiknya juga disiapkan oleh para suami, terutama selama 3 bulan sebelum prediksi waktu kelahiran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA