Kamis 11 Feb 2016 08:03 WIB

Apa Sih Penyebab Kolesterol Bisa Melambung Tinggi?

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Sepiring makanan tanpa daging memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Foto: pixabay
Sepiring makanan tanpa daging memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda membiasakan makan makanan yang bergizi dan mengikuti gaya hidup sehat, Anda mungkin bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Pelahap sayuran dengan protein tinggi memiliki kesempatan hidup lebih lama tanpa terjangkit diabetes dan kolesterol.

Diet yang tidak sehat mempengaruhi jumlah lemak dalam darah yang beredar ke seluruh tubuh. Selain hal tersebut, berikut ulasan faktor-faktor penyebab seseorang berisiko memiliki kolesterol tinggi, dilansir dari Boldsky, Kamis (11/2).

Pola makan salah

Pola makan yang salah dapat menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak seluruh hidup Anda. Mengkonsumsi terlalu banyak daging sapi, susu, telur, mentega dan keju ternyata tidak sehat, karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jenuh. Oleh karena itu, kurangi asupan makanan tinggi kalori ini untuk tetap sehat.

Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes dan kolesterol tinggi. Ketika Anda mengalami obesitas, trigliserida atau LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh Anda akan meningkat, sebaliknya HDL atau kolesterol baik akan berkurang. Pastikan Anda selalu mengontrol berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement