Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Purwanah Baru Tahu Hamil Kembar Siam Jelang Melahirkan

Kamis 28 Jan 2016 07:59 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Orang tua bayi kembar siam dempet panggul, Yana dan Purwanah. Pada Selasa (26/1) RSCM berhasil memisahkan bayi kembar siam Dwi dan Tri.

Orang tua bayi kembar siam dempet panggul, Yana dan Purwanah. Pada Selasa (26/1) RSCM berhasil memisahkan bayi kembar siam Dwi dan Tri.

Foto: Republika/Desy Susilawati

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua bayi kembar siam Yana (32 tahun) dan Purwanah (29 tahun) mengaku sangat kaget begitu mengetahui hasil USG bahwa anak keduanya adalah bayi kembar. Bukan saja kembarnya yang membuat mereka terkejut, tapi juga ternyata kembar siam.

Pada 7 Mei 2015 akhirnya diputuskan Purwanah melahirkan secara sesar karena mengandung bayi kembar siam. Dia melahirkan di RSUD 45 Kuningan Jawa Barat. Karena bayinya mengalami kasus conjoined twin ischiopagustetrapus, kondisi yang menyatukan kedua bayi pada bagian panggul, akhirnya mereka dirujuk ke RSCM Jakarta malam itu juga.

"Namanya orang tua pasti shock liat anak seperti itu," ungkap Purwanah, kepada wartawan, kemarin (27/1).

Namun Purwanah kini mengaku senang dan bersyukur bayinya bisa dipisahkan. Juga dalam kondisi stabil setelah operasi.

Ia mengaku baru mengetahui hamil bayi kembar siam satu hari sebelum melahirkan. Saat itu ia mendapati kenyataan yang menyesakkan dada Purwanah dan suaminya.

Padahal pada saat janin berusia lima bulan mereka sudah memeriksakan kandungan dengan USG. Tapi sayangnya saat itu belum ketahuan ia mengandung bayi kembar siam.

Purwanah melahirkan keduanya pukul 10.40 pagi di RSUD 45 Kuningan. Ia melahirkan saat kehamilan berusia 36 minggu. Dwi dan Tri lahir dengan berat 4,8 kg.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA