Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ini Cara Mencegah Penyebaran Virus Zika

Senin 25 Jan 2016 06:25 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari

Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.

Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghadapi virus Zika, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memberikan sejumlah langkah pencegahan. Hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat mencegah penyakit virus Zika.

Zika dapat dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk. Nyamuk yang menyebarkan virus Zika menggigit biasanya pada siang hari. Nyamuk pembawa virus Zika juga menyebarkan virus Dengue dan Chikungunya, dikutip dari laman resmi CDC.

Virus Zika terjadi di sejumlah wilayah Afrika, Asia Tenggara, kepulauan Pasifik, dan Amerika. Jika Anda bepergian ke wilayah tersebut, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan.

Langkah-langkah itu yakni menggunakan pengusir serangga, menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang, lalu tutup jendela dan gunakan pendingin udara untuk menjaga nyamuk tetap di luar. Anda juga bisa membantu mengurangi jumlah nyamuk di dalam dan luar rumah atau kamar hotel dengan membuang air yang tertampung seperti di pot bunga atau ember.

Jika Anda terdampak Zika, Anda harus melindungi lain agar tidak tertular. Selama pekan pertama infeksi, virus Zika dapat ditemukan dalam darah dan menular lewat orang yang terinfeksi ke nyamuk lain lewat gigitan. Nyamuk yang terinfeksi dapat menyebarkan virus itu ke orang lain. Untuk mencegah orang lain tertular, hindari gigitan nyamuk saat pekan pertama sakit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA