Rabu 06 Jan 2016 10:03 WIB

Positif Hamil? Ini Lima Hal yang Perlu Anda Lakukan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tes kehamilan
Foto: flickr
Tes kehamilan

REPUBLIKA.CO.ID, Dinyatakan positif akan menjadi calon ibu merupakan kabar yang membahagiakan bagi wanita dan pasangannya. Sejak dinyatakan hamil, sudah menjadi hal yang lumrah ketika calon ibu ingin hal-hal yang terbaik bagi bayi yang tengah dikandungnya. Berikut ini lima hal yang perlu dilakukan calon ibu setelah dinyatakan positif hamil.

1. Buat Janji dengan Dokter

Pada umumnya, wanita akan pergi ke dokter kandungan untuk mengonfirmasi kehamilan mereka dan kemudian melakukan pemeriksaan rutin. Karena itu, penting bagi calon ibu untuk memilih dokter yang tepat dan dapat mengawal kehamilan calon ibu dengan baik. 

Dengan banyak berkonsultasi, dokter dapat memberikan berbagai masukan bagi ibu hamil untuk menjaga kandungannya dengan baik. Misalnya anjuran konsumsi asam folat dalam 12 minggu pertama kehamilan.

 

2. Berhenti Merokok

Jika calon ibu memiliki kebiasaan merokok, maka ia harus segera berhenti merokok selama masa kehamilan dan jika memungkinkan untuk seterusnya. Berdasarkan penelitian, merokok merupakan perilaku paling membahayakan calon bayi yang sedang dikandung oleh ibu hamil. 

Risiko-risiko membahayakan tersebut di antaranya ialah keguguran dan melahirkan bayi dalam keadaan mati. Selain itu, para dokter juga menunjukkan bahwa anak-anak dari pecandu rokok kerap memiliki gangguan terhadap tumbuh kembang serta kemampuan belajar sang anak.

 

3. Olahraga

Saat hamil, calon ibu memang harus terlindungi dan tidak melakukan kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Akan tetapi di saat yang sama ibu hamil juga perlu melakukan olahraga berintensitas rendah seperti berjalan kaki, berenang atau yoga kehamilan. 

Melakukan olahraga ringan akan membantu wanita merasa lebih nyaman dengan perkembangan kehamilan mereka. Olahraga ringan yang dilakukan ibu hamil juga akan membantu mereka untuk melahirkan dengan lebih mudah serta menjaga agar berat badan tidak melonjak terlalu tinggi.

 

4. Belanja Kebutuhan Bayi

Awal kehamilan sebenarnya merupakan waktu yang cukup baik untuk mulai mendata apa saja kebutuhan anak. Pasalnya, bayi yang baru lahir pasti akan membutuhkan berbagai peralatan yang jika dibeli sekaligus mungkin akan cukup memberatkan. Karena itu, baik calon ibu atau pun ayah dapat mulai mencicil membeli beberapa hal seperti tempat tidur bayi hingga popok.

 

5. Perluas Wawasan Melalui Buku

Mengandung anak pertama bisa jadi cukup membingungkan bagi wanita karena ia belum memiliki pengalaman yang cukup. Meski begitu, berbagai pengetahuan kehamilan bagi ibu hamil dapat dengan mudah ditemukan dalam buku-buku kehamilan. 

Melalui buku kehamilan, ibu hamil dapat mengetahui apa saja yang perlu dan tidak boleh ia lakukan selama masa kehamilan. Sekaligus juga mengetahui apa yang perlu dilakukan ketika anak pertama mereka lahir nanti. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement