Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Penuhi Asupan Nutrisi untuk Hindari Penuaan

Senin 28 Dec 2015 10:04 WIB

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Penuaan dini/ilustrasi

Penuaan dini/ilustrasi

Foto: smerete.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menyadari ada uban di rambut? Begitu juga dengan kerutan di bawah mata? Tentunya tanda-tanda tersebut mengungkapkan penuaan telah terjadi.

Banyak orang yang menghabiskan banyak uang ke salon dan krim anti kerut menghilangkan tampilan penuaan tersebut. Hanya saja bagi mereka yang benar-benar ingin menghindari dan mengatasi penuaan ada cara alami yang bisa menanganinya.

Seperti dilansir Prevention, Kamis (24/12) menurut dermatolog asal New York, Judith Hellman, anti penuaan bisa diatasi dengan nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan dan suplemen. (Baca: Rolers, Kurangi Kerut di Wajah dengan 3 Vitamin Ini)

“Nutrisi tertentu terbukti meningkatkan panjangnya telomer di ujung untaian DNA yang berhubungan dengan penuaan,” kata Hellman. Ia menjelaskan, seiring dengan bertambahnya usia, pelindung telomer menjadi lebih singkat dan DNA akan berhenti melakukan regenerasinya.

Proses tersebut akan mengarah kepada kerusakan sel yang bisa dinamakan penuaan. Proses lain yang lebih pendek dari telomer adalah stres oksidatif. Keadaan tersenbut saat molekul tidak stabil lalu menyebabkan kerusakan struktur sel seperti telomer.

Pada usai yang lebih lanjut, tubuh menjadi kehilangan kemampuannya untuk menetralisir molekul-molekul tidak stabil. Sementara itu, panjang telomer berfungsi sebagai penanda untuk umur seseorang.

Semakin pendek telomer maka akan lebih sedikit waktu yang tersisa bagi seseorang maka terjadilah penuaan. Untuk itu demi mengatasinya, selain nutrisi ada juga antioksidan yang membantu menetralkan proses penuaan bahkan bisa memperpanjang telomer seseorang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA