Rabu 23 Dec 2015 08:45 WIB

5 Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Biji wijen
Foto: pixabay
Biji wijen

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini banyak orang yang memilih menjadi seorang vegetarian. Sederet alasan membuat seseorang pada akhirnya memutuskan hanya mengonsumsi sayur-sayuran sepanjang hari.

Diantaranya karena program diet yang dijalani, adanya penyakit yang mengharuskan penderita hanya mengonsumsi sayuran, hingga demi kesehatan jangka panjang. Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS), mereka yang menjadi vegetarian dapat memiliki usia yang panjang dan serta terhindar dari penuaan dini.

Namun, sebagai seorang vegetarian, banyak hal yang harus diperhatikan, terkait dengan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Salah satunya adalah mineral.

Dilansir The Times Of India, Anda yang menjadi vegetarian dapat dengan mudah mendapatkan kalsium dari makanan alami. Inilah daftar makanan yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium dengan cepat.  

(baca juga: 6 Makanan Penjaga Kesehatan Organ Hati)

Kacang Almond

Kacang Almond penuh dengan kalsium dan penuh dengan gizi. Bahkan, makanan ini mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Diantaranya adalah vitamin E, zat besi, dan potasium.

Kacang

Selain Almond, segala kacang-kacangan yang ada di sekitar kita sangat kaya dengan kalsium dan zat ebso. Termasuk kacang yang ringan dan cocok untuk dipadukan sebagai tambahan untuk makanan seperti sayuran dan pasta.

Buah Kering

Buah-buahan kering dalam kemasan yang biasanya dijadikan camilan manis ternyata memiliki kandungan kesehatan yang tinggi. Kaya dengan antioksidan, serat, dan kalsium, Anda bisa mengkonsumsinya kapanpun.

Jeruk

Selain kaya dengan vitamin C, jeruk mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Santaplah jeruk sebagai camilan di siang hari atau sebagai hidangan pencuci mulut.

Biji Wijen

Kandungan dalam biji wijen membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, hingga melawan sel kanker. Tambahkan biji wijen dalam setiap sajian Anda. Bagi vegetarian, biji wijen sangat tepat untuk dikonsumsi bersama dengan salad serta sayuran lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement