Kamis 17 Dec 2015 09:48 WIB

Begini Diet Sehat di Awal Kehamilan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Hamil
Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat usia kandungan enam pekan, satu-satunya tanda visual yang bisa dilihat wanita untuk memastikan kehamilannya positif adalah dua garis pada test pack.

Pada tahap awal ini, Anda tak bisa melihat tubuhnya, namun sesungguhnya ada tunas yang akan berkembang  menjadi paru-paru, hidung, rahang tenggorokan.

Ada tunas yang akan berkembang menjadi tangan dan kaki, otak, dan organ komples lainnya. Makan yang benar diawal kehamilan sangat penting untuk kesehatan lanjutan Anda dan bayi Anda. Oleh sebabnya, Anda perlu memastikan diet sehat untuk si buah hati, dilansir dari Livestrong, Kamis (17/12).

Jangan makan untuk dua orang

Hamil bukan berarti Anda berkuasa penuh akan makanan. Pada usia kehamilan enam pekan, Anda belum begitu memerlukan kalori ekstra. American Pregnancy Association (APA) menyarankan untuk mencukupi kebutuhan kalori standar, 2.000 kalori per hari untuk wanita yang cukup aktif.

(Baca juga: Bekerja Lebih dari 40 Jam Seminggu Buat Wanita Sulit Hamil)

Hindari makanan ini

Seiring dengan kegembiraan mengandung si buah hati, sayangnya Anda harus menghindari sejumlah makanan. Ibu hamil sebaiknya tidak makan daging mentah, ikan dan telur setengah matang, susu yang tidak dipasteurisasi, daging dan ikan bakar, hingga keju lunak yang seluruhnya membawa patogen berbahaya.

Konsumsi kafein secara moderat masih dibolehkan, seperti secangkir kopi sehari. Namun, Anda sama sekali tidak boleh minum alkohol sebab bisa menyebabkan cacat serius pada janin yang belum lahir.

Makanan sehat

Diet diawal kehamilan mencakup konsumsi buah, sayur, susu, protein, dan lemak sehat. Yang terpenting saat kehamilan trimester pertama adalah vitamin yang disebut folat. Ini ditemukan dalam jeruk, sayuran hijau, brokoli, dan sereal.

Kalsium adalah nutrisi penting lain untuk mendukung pertumbuhan gigi janin, tulang, jantung, saraf, dan ototnya. Konsumsi susu rendah lemak dalam diet diawal kehamilan penting untuk memastikan asupan kalsium cukup. Konsumsi vitamin prenatal untuk diet sehat Anda.

Contoh diet

American Pregnancy Association merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi tiga porsi kecil makanan ringan sehari untuk menjaga gula darah dan tingat energi stabil. Cobalah menggabungkan gandum dengan protein dalam sekali makan.

Untuk sarapan, Anda bisa mengonsumsi oatmeal, buah, dan segelas susu rendah lemak. Untuk makan siang, nikmati salad hangat dengan irisan ayam di atasnya. Untuk makan malam, campuran nasi gandum dan pasta plus tumis sayuran dan seiris daging juga lezat.

Makanan ringan yang disarankan contohnya yogurt rendah lemak, keju dengan buah, wortel dan seledri, buah kering, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang  mentega, biskuit gandum, dan keju rendah lemak.

(Baca juga: Ibu Merokok Saat Hamil Berpotensi Miliki Anak Remaja Nakal)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement