Kamis 17 Dec 2015 09:11 WIB

Jahe, Sahabat Karib Ibu Hamil Muda

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Jahe
Foto: flickr
Jahe

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda teramat suka soda, tapi ingin menghindarinya selama menjalani kehamilan, maka nikmatilah segelas air jahe sebagai alternatifnya. Minuman hangat terbuat dari jahe sangat membantu mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil.

Jahe merupakan tanaman tradisional yang acap digunakan untuk pengobatan di Timur untuk meringankan gangguan pencernaan. University of Maryland melaporkan bahwa campuran setengah sendok teh jahe atau sekitar satu gram bubuk jahe setiap  harinya sudah cukup mengurangi datangnya morning sickness.

Kabar baik lainnya adalah jahe bebas kafein. Ibu hamil harus membatasi konsumsi kafeinnya di bawah 200 miligram (mg) per hari atau setara dengan secangkir kopi.

(baca: Suka Kunyah Es Batu Saat Hamil? Waspadai Dampaknya Bagi Janin)

Dokter kandungan Russel Turk yang mendirikan the Riverside Obstetrics and Gynecology in Riverside, Connecticut, mengatakan ibu hamil harus melakukan diett soda. Soda mengandung banyak sekali pemanis buatan, seperti aspartam. Ibu hamil disarankan mengonsumsi soda tak lebih dari 12 ons per hari.  

Dr Chau Che dari New York University mengatakan ekstrak jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 untuk mereduksi mual. Dia menyarankan ibu hamil membuat minuman jahe sendiri ketimbang membeli di mini market karena mengandung penyedap.

"Minuman jahe artifisial sebaiknya dihindari, entah itu karena ada tambahan penyedap, gula tambahan, air bekarbonasi, atau efek plasebo, masih belum jelas," kata Che, dilansir dari Livestrong, Kamis (17/12).

Segelas minuman jahe mengandung 124 kalori. Ditambah sedikit gula, segelas minuman jahe akan mencukupi asupan kalori Anda sehari-hari. Meski demikian, ibu hamil yang menderita diabetes gestasional harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau  ahli gizi. Jahe mengandung 11 mg kalsium, zat besi, dan natrium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement