Kamis 17 Dec 2015 06:02 WIB

Anda Dilarang Stres, Ini Mengapa...

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Mengatur makanan, menghilangkan stres, serta rutin berolahraga bisa membuat tubuh segar dan mencegah penuaan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Mengatur makanan, menghilangkan stres, serta rutin berolahraga bisa membuat tubuh segar dan mencegah penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan fisik dan mental manusia biasanya bakal mengalami penurunan. Mulai dari melemahnya daya ingat, produktivitas kerja, hingga berbagai macam tanda-tanda penuaan lainnya.

Namun demikian, tidak semua orang yang mengalami hal seperti itu. Penelitian terbaru menunjukkan, cara seseorang menjalani hidup berpengaruh besar terhadap ketahanan fisik dan mentalnya di usia tua.

Para peneliti dari Universitas Essex di Inggris yang terlibat dalam studi itu mengatakan, pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga sudah lama diyakini sebagai faktor yang dapat mempercepat proses penuaan. Akan tetapi, di luar itu, jumlah stres yang dialami sepanjang hidup ternyata memiliki dampak cukup besar terhadap penurunan kemampuan fisik dan mental seseorang di usia tua.

“Kami menemukan bahwa aspek-aspek penuaan yang tampak pada orang-orang yang sudah berumur mempunyai kaitan dengan jumlah stres yang mereka alami dalam kehidupan mereka,” tutur salah satu peneliti, Nicholas Robert Cooper, seperti dikutip Independent, Kamis (17/12).

Dalam penelitannya, tim riset dari Universitas Essex mengukur jumlah peristiwa yang menyebabkan stres yang dialami para partisipan selama hidup mereka. Beberapa contoh di antaranya adalah kondisi yang mereka hadapi saat mengidap penyakit berat, kehilangan orang yang dicintai, hingga suasana sedih yang dirasakan ketika pindah rumah.

“Hasil pengukuran kami menunjukkan, orang yang terlalu sering mengalami stres dalam hidupnya cenderung melakukan tugas-tugas kognitif lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang jumlah stresnya lebih sedikit,” ungkap Cooper.

(baca: Hindari 5 Makanan Ini Agar Diet Anda Berhasil)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement