Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kurang Tidur Sebabkan Anda Pikun?

Rabu 09 Des 2015 01:01 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Tidur malam dengan cahaya redup (Ilustrasi)

Tidur malam dengan cahaya redup (Ilustrasi)

Foto: CORBIS

REPUBLIKA.CO.ID, Kurang tidur bukan hanya menyebabkan diabetes, stroke, atau penyakit lain. Banyak kerugian yang akan Anda rasakan bila tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Dilansir dari laman Prevention Rabu (9/12) berikut penyakit lain yang akan Anda derita bila kurang dari enam jam bersitirahat.

Pikun
Efek paling parah yang terjadi pada saat Anda kekurangan istirahat merembet ke otak. Saat mendapatkan tidur yang cukup, otak akan selalu segar dan bergenerasi. Namun bila Anda kurang tidur otak akan lebih cepat lelah sehingga menyebabkan melemahnya daya ingat.

(Baca juga: Kurang Tidur Dapat Menganggu Kesehatan Mental)

Depresi
Kurang tidur menurut para peneliti dianggap sebagai salah satu penyebab utama stress atau depresi. Hormon kartisol akan terproduksi sehingga membuat pikiran berada di bawah tekanan.

Kematian
Studi yang dilakukan selama kurang lebih 10 tahun terhadap belasan ribu orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Mereka yang dibawah usia 45 tahun dan tidak memiliki jam tidur yang cukup berisiko mengalami percepatan kematian dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidur cukup.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA