Jumat 04 Dec 2015 05:45 WIB

Yoga Efektif Sembuhkan Nyeri Sendi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Yoga
Yoga

REPUBLIKA.CO.ID, Orang yang sering menderita nyeri sendi bisa mempertimbangkan membeli tikar yoga.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Rheumatology menemukan bahwa nyeri sendi bisa disembuhkan dengan berlatih yoga secara teratur.

Selain nyeri sendi, yoga juga efektif menghilangkan depresi, serta meningkatkan fleksibilitas dan energi. Penelitian ini sekaligus membantah mitos bahwa orang-orang dengan nyeri sendi tak cocok berlatih yoga.

"Penelitian ini membuktikan bahwa mitos itu tidak benar," kata peneliti sekaligus Direktur Johns Hopkins Arthritis Center, dr Clifton O Bingham III, dilansir dari Mother Nature Network, belum lama ini.

Penelitian ini terbilang besar dengan melakukan uji coba terkontrol pada praktik yoga. Peneliti melibatkan 75 orang yang tidak rutin berolah raga dan memiliki nyeri sendi.

Mereka diminta berlatih yoga dua kali sepekan dan terapis yoga sekali sepekan di rumah. Setelah delapan pekan, kelompok yang melakukan yoga teratur terlihat memiliki sendi sehat, fungsi fisik, mental, dan emosionalnya juga sehat. Manfaat yang dirasakan kian optimal setelah sembilan bulan.

Di dalam kelas yoga, peserta diminta untuk mengajukan pertanyaan atau komentar selama lima menit, latihan pernapasan dan bernyanyi lima menit, pemanasan dan bergerak 15 menit.

Berikutnya mereka melakukan pose isometrik 20 menit untuk meningkatkan kekuatan, dan fleksibilitas. Kelas berakhir dengan relaksasi 10menit, dan nyanyian penutup serta meditasi lima menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement