Kamis 03 Dec 2015 09:25 WIB

Ini Manfaat Mimpi ketika Kita Terlelap

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Mimpi bermanfaat bagi kesehatan karena sanggup menangkal depresi sekaligus mendukung memori sehat.
Foto: flickr
Mimpi bermanfaat bagi kesehatan karena sanggup menangkal depresi sekaligus mendukung memori sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda tahu bahwa mimpi memiliki peran untuk kesehatan? Studi menunjukkan bahwa mimpi adalah baik bagi diri manusia.

Rubin Naiman, seorang pakar tidur dan mimpi di fakultas klinis Arizona Center for Integrative Medicine mengatakan mimpi dalam tidur memiliki kontribusi untuk menjaga  kesejahteraan psikologis, yakni dengan mendukung memori yang sehat, menangkal depresi, dan memperluas batas kesadaran biasa menjadi lebih luas atau bersifat spiritual. “Sebuah studi di Harvard Medical School juga menyimpulkan bahwa bermimpi juga membantu kita membangun kenangan dan menyimpan informasi,” ujarnya, seperti dilansir situs Huffington Post, Kamis (3/12).

Kehadiran mimpi ini dipengaruhi oleh rapid eye movement (REM) atau tahapan di mana seseorang telah memasuki puncak tidurnya. John S Antrobus, profesor psikologi dan peneliti tentang tidur dari City College of New York mengatakan jika seseorang mengalami kekurangan waktu tidur, dia mungkin tidak akan pernah bermimpi sama sekali.

Menurut Antrobus, faktor-faktor yag dapat menyebabkan seseorang kekurangan waktu tidur antara lain adalah mengonsumsi alkohol sebelum tidur, mengalami stres atau hari yang mengganggu. "Faktor lainnya bisa disebabkan karena tetap mengaktifkan barang-barang elektronik seperti televisi, ponsel, dan komputer," ujarnya.

(baca: 5 Cara Alami Bantu Hilangkan Dengkur Tidur)

Dokter Shalini Paruthi, Direktur Pediatric Sleep and Research Center di Rumah Sakit Kardina Glennon Anak di Saint Louis, Missouri, Amerika Serikat, mengatakan mendapatkan tidur malam yang baik adalah hal penting untuk memastikan bahwa kita dapat bermimpi. "Untuk mendapatkannya (tidur yang baik), pastikan ruangan atau kamar kita gelap, tenang, dan dingin,"

jelasnya.

Selain itu, hal-hal lain yang dapat membantu tidur kita menjadi lebih baik adalah membaca buku, berlatih latihan relaksasi, dan menghindari stres. Paruthi juga tidak menganjurkan seseorang mengonsumsi alkohol, gula, dan makanan besar sebelum tidur.

Sama seperti diet dan olahrga, tidur adalah kegiatan yang unik dan penting untuk kesehatan yang optimal semua orang. Selain menjaga kebugaran badan, tidur yang baik juga menjaga kesehatan psikologis dengan mimpinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement