Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Waspadai Bahaya Sexting Remaja dengan Emoji

Rabu 02 Des 2015 10:14 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Bertutur lewat emoji atau emoticon sudah menjadi kebiasaan jamak. Waspadai penggunaannya agar berdampak positif pada remaja.

Bertutur lewat emoji atau emoticon sudah menjadi kebiasaan jamak. Waspadai penggunaannya agar berdampak positif pada remaja.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Perkembangan zaman membuat orang tua masa kini harus pandai-pandai menyikapinya. Remaja pasalnya tak hanya berkomunikasi dengan bahasa biasa seperti umum lewat berbagai teknologi dan media sosial. Emoticon atau emoji yang dipandang lucu karena berisi gambar-gambar atau simbol perlu diwaspadai orang tua.

Sebuah gambar pisang di emoji bisa diartikan lain. Gambar ini, termasuk emoji hotdog, sering dimaknai sebagai alat kelamin pria. Sementara gambar tempat tidur bisa diartikan dengan ajakan untuk tidur bersama lawan jenis.

Orang tua banyak tidak memonitor penggunaan emoji anaknya. Ayah dan ibu sebatas berpikir emoji adalah cara lucu remaja mengekspresikan diri.

Parental communication specialist di HARA Parenting, Hana Yasmira, mengatakan orang tua perlu mewaspadai penggunaan emoji sebagai bentuk sexting atau melakukan aktivitas seksual lewat percakapan tulisan atau gambar di gadget. Anak bukan tak mungkin terjerumus pada perilaku seks di luar nikah atau seks bebas bila rutin terlibat dalam aktivitas sexting.

Hana Yasmira berujar sexting menggunakan emoji adalah varian dari perilaku seksual remaja. Zaman dulu, ketika internet belum marak, orang mengenal sexting dengan istilah 'sex phone'.

“Sexting bagi pasangan menikah, saya percaya sebagai variasi positif untuk menghangatkan hubungan meskipun risikonya sangat besar. Karena bisa bocor ke publik jika telepon genggam rusak atau hilang. Tapi bagi remaja, sexting jelas salah karena itu bukan perilaku yang seharusnya mereka lakukan,” ujarnya kepada Republika.co.id.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA