Selasa 24 Nov 2015 07:37 WIB

Sering Begadang, Ini Beragam Penyakit Serius yang Hampiri Anda

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Jangan kurang tidur
Foto: blogspot.com
Jangan kurang tidur

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tidur menjadi bagian penting dalam hidup manusia. Karena, pada saat kita tidur seluruh bagian tubuh di pulihkan agar keesokan harinya tenaga kembali pulih. Tidur juga membuat tubuh kita dapat beristirahat dari berbagai kegiatan serta aktivitas padat yang kita jalani sehari-hari.

Kurangnya tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Salah satunya adalah penyakit jantung dan obesitas. Dilansir Boldsky, berikut penjelasan terkait akibat kurang tidur.

Mempengaruhi kesehatan jantung

Gangguan jantung terkait penyakit kardiovaskular cukup umum dengan orang-orang yang mengalami kurang tidur. Kurang tidur selama sehari dapat meningkatkan tekanan darah pasien hingga akhirnya menderita hipertensi.

Obesitas

Masalah umum lainnya yang terkait dengan kurang tidur yaitu kenaikan berat badan (obesitas). Banyak aktivitas hormonal terjadi saat seseorang sedang tidur. Namun, jika seseorang kurang tidur, hormon stres kadar kortisol akan meningkat dan tingkat leptin menurun.

Stres pada larut malam, seringkali membuat Anda mengidam makanan. Itu memicu diabetes tipe-2. itulah mengapa kurang tidur dapat menyebabkan diabetes.

Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh

Ada banyak penyakit kronis yang disebabkan karena kurang tidur. Namun, faktor penting ini sering terjadi salah paham. Kekebalan tubuh yang menipis banyak menimbulkan penyakit serta kurang tidur, sekaligus menurunkan kadar imunitas.

Selain itu, kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh dan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi virus seperti pilek, flu, demam, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement