Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Festival Bambu Nusantara 2015, Sarana Efektif Promosikan Pesona Indonesia

Selasa 24 Nov 2015 07:15 WIB

Red: Winda Destiana Putri

bambu

bambu

Foto: Indowebster

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daya tarik wisata tak selalu terletak di objek wisata itu sendiri. Pelbagai kegiatan, seperti pertunjukan musik juga dianggap sebagai sarana efektif mendatangkan wisatawan, baik asing maupun domestik.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberi dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Festival Bambu Nusantara (FBN) 2015 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu, Lampung pada 29-30 November mendatang.

"Sesuai dengan namanya, Pringsewu yang berarti seribu bambu, kabupaten ini akan dipromosikan dan dipopulerkan sebagai tujuan wisata bambu di Indonesia," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Senin (23/11).

Dirinya juga menambahkan, keberadaan Pringsewu sebagai tujuan wisata Bambu Indonesia diharapkan akan menjadi daya tarik baru yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) ke Lampung.

"Sehingga nanti dapat memberikan dampak secara nasional dalam pencapaian target kunjungan 10 juta wisman dan 225 juta wisnus tahun ini dan akan meningkat dua kali lipat di tahun 2019," kata dia menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, menurut Fauzi selaku panitia FBN 2015, penyelenggaraan festival ini dipersiapkan sebagai titik awal terbentuknya forum seniman bambu Indonesia maupun menjadi agenda sirkuit festival kebudayaan dunia serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap bambu dalam kesenian, kebudayaan dan lingkungan hidup.

"Seperti yang diketahui bambu sangat populer dan bahkan sudah ditetapkan sebagai bahan baku alat musik seperti Angklung yang oleh UNESCO dijadikan Warisan Budaya tak Benda dunia dari Indonesia. Perlu kiranya di Indonesia pula ada tujuan wisata bambu yang bertujuan menarik kunjungan wisatawan," tambah dia.

Festival Bambu Nusantara 2015 akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik tradisional seperti Gamolan, The Bamboo Big Band, Gamelan Awi Wanaselaras, Awi Sampurasun, Bamboosa, Sendratasik SKIP Metro, dan beberapa pertunjukan kesenian lain hingga hiburan oleh artis ibukota.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA