Senin 16 Nov 2015 10:58 WIB

Ini Alasan Perempuan Datang Bulan Dianjurkan Makan Steak

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Steak
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Steak

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu manfaat paling penting dari daging merah merupakan sumber terbaik zat besi makanan. Zat besi tersebut sangat diperlukan seseorang untuk membuat hemoglobin.

Kandungan hemoglobin itu sendiri sangat diperlukan tubuh untuk membantu sel darah merah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. "Jika kadar hemoglobin turun maka dapat dengan cepat menjadi lesu. Gejala lainnya termasuk muntah dan sakit kepala," kata ahli diet independen Priya Tew seperti dikutip Dailymail, Senin (16/11).

Mengenai hubungan zat besi sendiri juga dipaparkan oleh survei diet dan nutrisi di Inggris. Dari survei tersebut menunjukkan setengah dari gadis-gadis remaja memiliki asupan yang tidak memadai dari zat besi ketika melakukan diet.

(baca: Daging Merah Sumber Energi Untuk Otak)

Tentu hal tersebut akan berdampak buru bagi kondisi tubuh seseorang. Keadaan tersebut mampu menimbulkan masalah seperti kelelahan, kehilangan konsentrasi, dan pertumbuhan yang buruk.

Belum lagi beberapa perempuan juga ditemukan kasus menghindari daging untuk kesehatan atau berat badan. Padahal menurut konsultan independen kesehatan gizi dan gastrointestinal Elizabeth Lund, ketika perempuan sedang haid justru harus mengkonsumsi zat besi sekitar 14,8 mg perharinya dari berbagai makanan.

'"Beberapa diantaranya membutuhkan lebih 7 gr gram zat besi perhari. Zat besi itu sendiri bisa didapat dari daging yang menjadi sumber penting," tutur Lund.

Gampang saja menemukannya, steak yang dimasak mengandung zat besi 2,4 mg per 100 gr daging. Sumber lain zat besi bisa didapatkan dari  tahu dengan 3,5 mg per 100 gr dan sarden kalengan dengan 2,1 mg per kaleng kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement