Ahad 15 Nov 2015 07:55 WIB

Cara Lain Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Mata
Foto: beaut.ie
Mata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut dr. Made Susiyanti, SpM, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dari paparan gadget.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, cara-cara ini juga sangat dianjurkan oleh sebagian dokter mata, diantaranya adalah:

Banyak berkedip

Biasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 menit kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip.

Akibatnya, mata terbuka lama dan mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah. Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Setiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), lalu mengedipkan mata sebanyak 20 kali. Cara ini efektif untuk mencegah mata lelah karena terlalu lama bekerja.

Kurangi cahaya yang menyilaukan

Ubahlah cahaya yang ada di sekitar kita untuk mengurangi pantulan cahaya yang menyilaukan yang datang dari layar komputer. Jika kita bekerja di dekat jendela, aturlah letak layar monitor sedemikan rupa untuk mengurangi pantulan cahaya yang menyilaukan dari pantulan layar monitor. Meredupkan cahaya ruangan dapat membantu mengurangi pantulan cahaya dari layar monitor.

Atur jarak antara perangkat elektronik dengan mata

Untuk layar komputer jarak 50 - 100 cm merupakan jarak yang ideal. Jangan lupa juga untuk mengatur tingkat kecerahan layar perangkat komputet agar mata tidak mudah lelah.

 

Mengatur ulang meja kerja

Menurut para ahli, posisi optimal layar komputer adalah berada di bawah mata artinya kepala tidak sejajar atau menengadah untuk melihat layar monitor. Jarak antara mata dan layar monitor diusahakan sekitar 40-50 cm.

Pilih layar komputer yang sesuai

Gunakan layar komputer yang nyaman di mata dan mampu memberikan kenyamanan pada mata. Layar komputer yang baik adalah yang rendah emisi cahaya birunya, dan bebas kedip atau flicker, hal ini tentu saja untuk mengurangi kelelahan pada mata yang berimbas pada terjadinya computer vision syndrome (CVS).

Konsumsi lutein dan zeaxanthin alami.

Kedua zat tersebut banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, antara lain bayam dengan jumlah minimal 2 ikat per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement