Jumat 13 Nov 2015 09:28 WIB

Vaksin Efektif Cegah Pneumonia pada Anak

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Vaksinasi. Ilustrasi
Foto: Daily Mail
Vaksinasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Vaksin merupakan tindakan pencegahan paling efektif untuk mejaga anak terjangkit pneumonia. Pemberian vaksin tersebut sangat diperlukan untuk memerangi penyakit mematikan tersebut.

Seperti dilansir Timesofindia, Kamis (12/11), beberapa negara sudah memperhatikan betapa berbahayanya pneumonia. Seperti pemerintah India baru-baru ini memperkenalkan vaksin untuk kedua bakteri penyebab pneumonia yaitu haemophilus influenzae tipe b (Hib) dan streptococcus pneumonia (Spn).

Veksin yang dinamakan pentavalent tersebut dapat melindungi anak-anak terhadap penyakit termasuk meningiti atau infeksi darah, difteri, batuk rejan (pertusis), tetanus, dan hepatitis B. Vaksin tersebut tersedia dengan bebas biaya di rumah sakit pemerintah dan puskesmas pada wilayah-wilayah tersebut.

Sementara di Indonesia, berdasarkan catatan Republika.co.id, ada empat jenis vaksin untuk mencegah pneumonia. Vaksin tersebut antara lain, HIB, pneumococcus, campak, dan pertussis.

Vaksin Hib telah terbukti efektif dalam banyak penelitian dan secara luas didukung oleh masyarakat kesehatan global. Vaksin Hib telah diperkenalkan di lebih 180 negara seluruh dunia termasuk India, Bangladesh, Bhutan, Pakistan, Sri Lanka, Vietnam, dan lainnya.

Sementara untuk pengobatannya harus diagnosis sejak dini. Bagi anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan virus tidak memerlukan obat-obatan karena dengan pneumonia bakteri harus diobati dengan antibiotik yang sesuai. Pengobatan di rumah sakit atau pusat kesehatan sering mencakup perawatan lain seperti administrasi oksigen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement