Kamis 12 Nov 2015 21:13 WIB

Ini Tiga Bahan Makanan 'Penyelamat' Ketika Bepergian

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Yoghurt
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Yoghurt

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat bepergian jauh dari rumah dan mengharuskan untuk menginap beberapa hari terkadang pola makan menjadi berubah. Bisa jadi karena jam makan yang tidak menentu ditambah karena acara spesial maka makanan yang disajikan sangat lezat dan menggugah selera.

Namun masalah akan datang ketika ternyata, makanan yang belum tentu cocok dengan perut menyebabkan kembung, sembelit atau sakit perut. Untungnya ada tiga makanan yang bisa 'menyelamatkan' ketika makan terlalu banyak namun pencernaan menjadi tidak baik.

Seperti dilansir dari Prevention, oatmeal instan bisa menyelamatkan saat merasakan sembelit, kembung, dan sakit perut.  "Beberapa plain oatmeal instan bisa dikonsumsi, bukannya malah meraih kue di pagi hari," kata  Ahli gizi Tamara Duker Freuman di New York.

Selain oatmeal, makanan kedua yaitu pisang yang bisa menyelamatkan saat kadar natrium bertambah di tubuh seseorang. Menurut Freuman, kalium dalam pisang membantu membersihkan tubuh saat perut kembung akan natrium dan kelebihan air.

Selanjutnya makanan ketiga yaitu yoghurt. Ketika keseimbangan bakteri dalam usus tidak aktif maka dapat menyebabkan gas dan kembung. Ini pentingnya yoghurt yang mengandung probiotik.

Bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam yoghurt dapat menyeimbangkan kembali usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. "Carilah merek yoghurt yang jauh dari rasa gula dan gula pengganti berlebih," jelas Freuman

Selain ketiganya, yang paling penting jangan sampai melewatkan sarapan. Freuman menganjurkan sarapan dengan telur dadar, bayam, tomat, dan roti gandum sangat bagus untuk pencernaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement