Selasa 10 Nov 2015 21:16 WIB

Pizza Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Makan Pizza (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Makan Pizza (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian baru dari Portugal mendapatkan bahwa makanan nikmat yang biasanya dihindari saat Anda sedang diet seperti pizza ternyata dapat membantu menurukan berat badan.

Para ilmuwan ini membuktikan bahwa makanan berkalori tinggi yang menjadi pantangan sebenarnya dapat membantu merampingkan tubuh. Cheat day atau hari dalam seminggu di mana pelaku diet bisa istirahat dari diet sejenak, tidak akan merusak rencana pola makan sehat untuk jangka panjang.

Terdapat dua kelompok yang dilibatkan dalam studi. Dan salah satu kelompok diperbolehkan mengambil cheat day pada Ahad. Setelah dua pekan, keduanya mengalami penurunan rata-rata indeks massa tubuh mereka. Namun, kelompok yang libur diet di hari minggu, lebih bahagia dan termotivasi untuk semangat kurangi berat badan mereka.

Dikutip dari laman Menshealth (9/11), menurut salah satu penulis studi, Rita Coelho jangan Vale, PhD, terlalu ketat diet justru akan membuat kita cepat menyerah. Tapi ketika kita selalu merindukan saat di mana kita bisa menikmati makanan favorit kita, kita akan lebih mungkin untuk tetap berdiet di sisa minggu.

"Kuncinya adalah Anda harus dapat merencanakan terlebih dahulu untuk kedepannya. Dan menentukan hari khusus untuk melanggar aturan diet Anda," kata Rita.

Namun Rita menegaskan, untuk Anda jangan menyamakan cheat day sebagai "hari pesta makanan". Para peserta studi tetap membatasi konsumsi pizza, es krim, dan makanan berkalori lainnya sehingga mereka bisa tetap menjaga asupan kalori mingguan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement