Senin 09 Nov 2015 05:13 WIB

Hati-Hati Gunakan Minyak Sayur untuk Menggoreng

Rep: Marniati/ Red: Nur Aini
Minyak Kelapa (Ilustrasi)
Foto: News
Minyak Kelapa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Para Ilmuwan memperingatkan bahaya menggoreng makanan menggunakan minyak sayur atau minyak nabati. Ilmuwan menyebutkan minyak sayur melepaskan bahan kimia beracun yang menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. 

Profesor kimia bioanalytical dan patologi kimia Martin Grootveld mengatakan memasak menggunakan minyak sayur menyebabkan pelepasan konsentrasi tinggi bahan kimia yang disebut aldehida, Aldehida sering dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, dan demensia.

Seperti dilansir dari The Telegraph akhir pekan lalu, penelitian yang dilakukan oleh Grootveld dan tim menunjukkan bahwa makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur mengandung 100 sampai 200 kali aldehida. Angka tersebut telah melebihi dari batas aman yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Untuk itu, para ilmuwan merekomendasikan agar masyarakat memasak makanan dengan menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau mentega.

Memasak menggunakan mentega atau minyak zaitun menghasilkan  aldehida lebih rendah. Namun, untuk hasil terbaik masaklah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dinilai menghasilkan jumlah zat berbahaya paling rendah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement