Ahad 08 Nov 2015 00:03 WIB

Dokter Sarankan Istri tak Mudah Tolak Ajakan Suami

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
 suami istri (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
suami istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika wanita sudah memasuki masa menopause mereka seringkali sudah tidak memiliki gairah untuk berhubungan dengan suaminya. Kendati demikian, wanita tidak serta merta menolak ajakan suaminya begitu saja.

"Nabi Muhammad juga mengatakan 'janganlah wanita menolak ajakan suami untuk berhubungan' ternyata memang ada pesannya," ujar Dokter Urologi, Akbari Wahyudi Kusumah, ditemui dalam acara 'Beauty and Medical Interaction' di jalan Wolter Mangondisi, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Akbari, saat pria mendapatkan penolakan ajakan bercinta dari wanitanya maka pria akan merasa down. Penolakan ini melukai harga diri pria, dan bila penolakan terjadi berulang-ulang maka dampak buruk akan mempengaruhi persepsi pria.

Mereka akan berpikir jika fisiknya sudah tidak lagi menarik bagi wanitanya. Bahkan mereka bisa beranggapan jika wanitanya sudah tidak lagi mencintainya dan telah gagal membuat wanitanya merasa puas terutama dalam bercinta.

"Begitu kuatnya efek penolakan bagi psikologis pria,"ujar Akbari.

Maka, Akbari menyarankan supaya wanita menghindari penggunakan kata "tidak" untuk menolak ajakan suaminya. Sebisa mungkin lebih baik jujur jika memang kondisinya sedang lelah.

Akbari juga menambahkan jika saat ini banyak alat yang membantu mereka yang sudah menopause dan adropause untuk dapat menjaga hubungan percintaannya. "Kekeringan pada vagina bisa diatasi dengan menggunakan gel, sehingga ada teknik-teknik tertentu. Jadi jangan main tolak saja ya," saran Akbari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement