Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Mengenal Pidada, Kudapan dari Tanaman Mangrove

Rabu 04 Nov 2015 15:15 WIB

Rep: C32/ Red: Winda Destiana Putri

Dodol Mangrove

Dodol Mangrove

Foto: ROL/C32

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbicara mengenai penanaman mangrove biasanya hanya berkaitan untuk mencegah pengikisan permukaan tanah karena air laut.

Di Muara Angke, mangrove tak hanya berfungsi itu saja, tapi kudapan untuk dimakan juga bisa dihasilkan.

"Ibu-ibu PKK di sini mengolah makanan dan minuman yang berbahan dasar buah dari tanaman mangrove," kata Ketua Komunitas Mangrove Muara Angke Risnandar, belum lama ini.

Ia menerangkan tanaman mangrove yang buahnya bisa diolah hanya jenis pidada. Buah yang dihasilkan juga bernama pidada, dari situlah bisa diolah menjadi kudapan.

Buah pidada yang dihasilkan dari mangrove ternyata bisa diolah menjadi dodol. Sama seperti dodol biasanya, legit dan manis menjadi ciri utama. Hanya saja manis yang dominan dirasakan dari kesegaran buah dan ada sedikit kesegaran dari rasa asam.

Selain dodol, ternyata juga ada makanan dan minuman lain. "Ada juga jadi sirup dan selai untuk memakan roti," tutur Risnandar.

Produk-produk olahan buah pidada ini sampai sekarang masih dalam proses pemberdayaan oleh masyarakat. Penjualan juga belum terlalu luas, tapi saat ini para penduduk Muara Angke sedang digalakan untuk bisa membuka lahan ekonomi dari produk tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA