Selasa 27 Oct 2015 07:24 WIB

Waspadai Konsumsi Daging Pemicu Kanker

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Badan Kesehatan Dunia atau WHO memaparkan bahaya konsumsi daging olahan yang bisa memicu risiko kanker.
Foto: pixabay
Badan Kesehatan Dunia atau WHO memaparkan bahaya konsumsi daging olahan yang bisa memicu risiko kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, Daging menjadi salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi setiap orang. Beberapa waktu terakhir ini muncul beberapa penelitian yang memaparkan bagaimana hubungan daging yang bisa memicu kanker.

Seperti dilansir Independent, Selasa (27/10) kelompok daging itu sendiri terutama daging olahan yang sudah dipastikan menjadi penyebab kanker. Sementara daging merah baru diasumsikan sebagai kemungkinan memicu kanker.

Mengenai hasil penelitian tersebut ternyata sudah dikoordinasikan oleh badan internasional yang dihormati. Spekulasi tersebut bahkan sudah terbangun sejak pekan lalu.

Di sisi lain, hubungan daging dengan beberapa jenis kanker terutama kanker usus ternyata bukan hal yang baru. Didukung dengan penelitian yang cermat, ternyata hasil penelitian tersebut sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Berbeda dengan hasil penelitian dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) yang sudah melakukan lebih dari 800 studi mengenai penyebab timbulnya kanker. Mereka lebih memaparkan bukan hanya daging, tapi persoalan pemerintah dan regulasi juga sangat mempengaruhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement