Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Daging

Selasa 20 Okt 2015 10:23 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Daging

Daging

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, Tubuh membutuhkan protein setiap harinya. Makanan yang mengandung protein hewani diantaranya bisa di dapat pada daging, ikan, telur, keju dan susu.

Akan tetapi, Anda harus tau bahwa protein tersebut juga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir laman Health Selasa (20/10) berikut bahaya terlalu banyak mengonsumsi daging yang perlu Anda tahu.

Bau mulut

Tubuh akan memasuki status ketosis bila tubuh Anda terlalu banyak mengonsumsi protein dibandingkan karbohidrat. Ketosis adalah kondisi tubuh membakar lemak dan diubah sebagai energi. Hal ini memang ampuh menurunkan berat badan bagi pelaku diet, namun hal ini akan menghilangkan kepercayaan diri Anda. Zat kimia bernama ketones akan keluar melalui mulut, dan ini yang menjadi penyebab Anda justru mengalami bau nafas tak sedap.

Moody

Bukan hanya tubuh yang akan mengalami perubahan, terlalu banyak mengonsumsi daging akan memengaruhi mood Anda. Kurangnya karbohidrat membuat otak memproduksi serotonin, ini merupakan hormon yang mengatur mood manusia.

Berat badan naik

Pakar kesehatan mengatakan, bahwa seseorang yang terlalu banyak makan protein berpotensi menaikkan berat badan dengan cepat. Dibandingkan dengan mereka yang mengatur asupan gizi dan pola hidup sehat.

Merusak ginjal

Tubuh akan mendapatkan hasil sampingan dari nitrogen bila Anda tidak mengontrol asupan protein setiap harinya. Hal ini membuat ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring darah. Jika asupan protein Anda normal, sampingan nitrogen tersebut dapat keluar dari air seni. Tetapi jika berlebihan, ginjal akan bekerja lebih keras dan lambat laun akan mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA