Senin 19 Oct 2015 05:00 WIB

Cara Sederhana Ini Diklaim Bakar Kalori Lebih Banyak

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ani Nursalikah
Jalan Kaki (Ilustrasi)
Jalan Kaki (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berolahraga ekstra keras selama ini tampaknya sudah menjadi cara paling populer membakar kalori tubuh.

Namun, hasil penelitian terbaru mengungkap, ternyata ada cara sederhana untuk membakar kalori lebih banyak ketika anda berjalan.

Jumlah pembakarannya pun bervariasi, bergantung pada kecepatan anda berjalan. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Negeri Ohio (OSU) di AS menunjukkan, mengubah kecepatan berjalan dapat menaikkan tingkat metabolisme seseorang sekitar 20 persen lebih tinggi dibandingkan saat berjalan pada kecepatan konstan atau tetap.

"Jika tingkat metabolisme dalam tubuh meningkat, itu berarti ada lebih banyak kalori yang dibakar" ujar salah satu ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut, Profesor Manoj Srinivasan, seperti dikutip Independent, Sabtu (17/10).

Studi tersebut juga menunjukkan orang-orang secara alamiah akan meningkatkan kecepatan berjalan mereka saat menempuh jarak jauh. Sebaliknya, kecepatan mereka akan melambat saat menempuh jarak yang lebih pendek.

Menurut Sinivasan, mengubah kecepatan berjalan secara bervariasi juga dapat menjadi cara alternatif dalam membakar kalori saat bangun dari tidur.

"nda dapat berjalan sambil membawa ransel, atau menambahkan beban pada kaki. Berjalanlah untuk beberapa saat, lalu berhenti, dan ulangi lagi. Cara itu mungkin terdengar tidak lazim. Tapi hasilnya cukup bagus untuk meningkatkan metabolisme anda," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement