Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Terhindari dari Bakteri, Begini Cara Gunakan Toilet Umum

Jumat 25 Sep 2015 12:04 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Toilet Umum (ilustrasi)

Toilet Umum (ilustrasi)

Foto: Huffingtonpost

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda melakukan perjalanan, toilet menjadi salah satu fasilitas yang seringkali dikunjungi. Sejauh ini, menurut pakar kesehatan, toilet masih menjadi sumber bakteri dan kuman paling banyak.

Tidak ada yang bisa memastikan kondisi kehigienisan dari toilet. Terlebih toilet umum yang dikunjungi banyak orang. Agar Anda merasa aman dalam menggunakan toilet umum, begini sedikit tips yang dikutip dari Meetdoctor Jumat (25/9) cara sehat menggunakan toilet.

Siram kotoran dengan bersih

Kejadian toilet yang menyisakan kotoran kerapkali terjadi di manapun. Ada sebagian orang malas yang tidak menyiram kotoran mereka hingga bersih. Padahal, hal ini sangat membahayakan kesehatan bagi pengguna toilet selanjutnya. Hindari toilet seperti ini, dan bila Anda selesai menggunakannya, bersihkan kotoran hingga bersih. Penelitian menemukan bahwa model toilet duduk, tak terlalu terkontaminasi kuman (dudukannya). Sedangkan model toilet tak berpenutup menghasilkan 500 sampai beberapa ribu bakteri di setiap sentimeter persegi area sekitarnya, tergantung pada seberapa sering toilet itu dibersihkan.

Bersihkan dudukan toilet sebelum digunakan

Lalu bagaimana Anda bisa yakin toilet tersebut bersih sebelum digunakan? Ada baiknya dudukan toilet yang akan dikenakan dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu basah maupun kering milik Anda sendiri. Hal ini sedikit memberikan perlindungan ekstra. Bila Anda kurang yakin, gunakan tisu tersebut sebagai alas kulit. Perlu diketahui, jangan berfikir tisu yang ada di toilet bersih, pasalnya ketika seseorang mem-flush toilet, air di dalam toilet/kakus akan menjadi aerosol dan dapat 'melayang' ke atas sejauh enam kaki lalu mencemari tisu yang tergantung di sampingnya.

Cuci tangan

Selain dudukan toilet, wastafel juga menjadi salah satu tempat yang dihinggapi kuman. Seseorang mencuci tangan dari toilet sama dengan memindahkan kuman ke wastafel. Air yang mengalir dari wastafel tak cukup baik untuk menyingkirkan semua kuman. Jadi Ada baiknya cuci tangan dengan sabun hingga ke pergelangan tangan dan sela-sela jari selama 15-20 detik lalu keringkan.

Keringkan tangan

Gunakan tisu untuk menutup keran wastafel. Agar tidak terjadi pemindahan kuman ke tangan yang sudah Anda bersihkan. Disarankan pula Anda lebih baik menggunakan tisu untuk mengeringkan tangan ketimbang dengan mesin elektronik.

Pintu toilet

Kembali gunakan tisu untuk menyentuh gagang pintu sebelum keluar dari toilet. Hal ini bertujuan mencegah berpindahnya kuman ke jari-jari Anda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA