Rabu 09 Sep 2015 07:37 WIB

Karang Gigi Bisa Sebabkan Bau Mulut

Rep: C18/ Red: Winda Destiana Putri
Mengatasi bau mulut.
Foto: Wikihow.com
Mengatasi bau mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bau mulut tentu menjadi masalah tesendiri yang harus dihindari. Nafas yang tidak sedap mapu membuat lawan bicara kurang nyaman berada di sekitar Anda.

"Nafas tak sedap itu bisa disebabkan karena kesehatan mulut yang buruk," terang prakstisi kesehatan gigi, dokter Deasy, di Jakarta.

Deasy mengatakan 'oral hygiene' yang buruk menyebabkan kesehatan rongga mulut yang jelek. Lanjutnya, hal itu menyebabkan pertumbuhan karang serta lubang di gigi yang bisa menyebaban bau mulut.

"Tapi memang bau mulut juga bisa disebakan beberapa penyakit seperti masalah penceranaan dan diabetes, semuanya punya bau yang khas," terang dia.

Sebelumnya, dia mengatakan ada beberpa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kata dia juga menjelaskan, konsummi makanan tinggi kalsium dan vitamin C atau polifenol dapat menjaga kesehatan gigi dan terhindar dari nafas tak sedap.

"Perawatan gigi yang rutin serta cek ke dokter setidaknya enam bulan sekali juga harus dilakukan agar gigi tetap sehat," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement